PEMATANGSIANTAR - Tim Safari Ramadhan Pemprovsu Tahun 2017 Pimpinan Sekdaprovsu di Kota Pematang Siantar, Kamis (8/6/2017) di rumah dinas Walikota Pematang Siantar Jl. A.M. Sitorus Pematang Siantar. Sekdaprovsu Hasban Ritonga SH menyampaikan pesan Gubsu Ir HT Erry Nuradi kepada masyarakat Sumut khususnya masyarakat Kota Pematang Siantar untuk membantu fakir miskin para anak yatim yang membutuhkan dengan mengeluaran zakat, infaq, dan shadaqah agar keadaan yang membutuhkannya lebih baik dari sebelumnya.

"Salah satu hikmah dan rahasia orang berpuasa, meningkatkan rasa solidaritas, kasih sayang, kepedulian sesama dan kesetiakawan sosial," ujar Hasban.

Kegiatan ini lanjut Hasban disamping dapat mempererat ukhuwah Islamiyah diantara sesama juga dapat menumbuhkembangkan silaturrahmi sebangsa dan setanah air.

Selain itu, selama Bulan Ramadan ini juga suatu jihad besar yaitu memerangi dan mengendalikan hawa nafsu. Nilai kemanusiaan seseorang hanya dapat ditentukan oleh pengendalian nafsunya yang hanya dapat dituntun dengan menjalankan agama.

"Hendaknya kesan Ramadhan dapat berkelanjutan dalam kehidupan kita, walaupun Ramdhan telah berakhir, sehungga pada Ramdhan berikutnya akan meningkat lagi da berkelanjutan selama hayat," sebut Hasban.

Pada kesempatan itu Hasban juga menyampaikan kesepakatan dari FKPD Provsu yang di setiap safari Ramadhan Tim Safari Ramdhan Pemprovsu agar menyampaikan kebersamaan, keseriusan, kesungguhan untuk semua ikut berpartisipasi dalam mencegah penyalah gunaan narkoba yang sudah sangat meresahkan dan merusak bangsa kita, generasi penerus dan pewaris NKRI.

Selanjutnya ikut bersungguh-sungguh berpartisipasi mencegah tetap menyebarnya hoax, fitnah yang merebak melalui media sosial. "Bila dibiarkan tidak menutup kemungkinan merusak NKRI, kebersamaan, kebhinekaan terutama untuk anak dan generasi penerus bangsa dan negara ini," tutupnya.

Dalam sambutannya, Plh Wali Kota Pematang Siantar mengatakan dal selama bulan Ramadhan bahwa pemko Pematang Siantar terus berupaya untuk memberikan rasa aman dan nyaman bagi seluruh masyarakat yang menjalankan ibadah puasa juga mengantisipasi kebutuhan yang menyangkut ketersediaan dan kebutuhan serta kualitas barang yang dibtuhkan masyarakat. juga mengantispasi halhal yang mengganggu ketertiban, kenyamanan masyarakat di Kota Pematang Siantar.

"Tentunya bekerjasama dengan pihak keamanan. Guna kelangsungan aktifitas masyarakat di Bulan Ramadhan ini memberikan makna yang lebih berkualitas dan dapat berjalan dengan baik dan kota Pematang Siantar berjalan dengan kondusif," ujar Hefriansyah

Dikatakan Hefriansyah Kehadiran Pemerintah Provinsi merupakan satu hal yang membanggakan bagi mereka.

"Bulan ramadhan merupakan momentum yang baik untuk saling berbagi," ujar Hefriansyah. Dirinya juga mengungkapkan bahwa kota Pematang Siantar yang sejuk yang dipimpinnya terdiri dari berbagai agama dan adat budaya.

"Mudah-mudahan kami di sini rukun dan damai. Melaksaakan ibadah menurut keyakinan masing-masing, terus jalin Silaturahim dan persaudaraan. Kondisifitas masih terjaga," sebutnya.