MEDAN-Untuk pertama kali, Polisi Daerah Sumatera Utara (Poldasu) menggelar ujian akademik taruna Akpol 2017 menggunakan model Computer Based Test (CBT) di ruang CBT Fakultas Kedokteran UMSU Gedung Pascasarjana Jalan Denai Medan.

Rektor Dr Agussani, MAP mengatakan, secara prinsip UMSU siap membantu upaya-upaya yang mendorong peningkatan kualitas sumber daya manusia melalui pemanfaatan fasilitas pendidikan yang dimiliki.

“Bukan cuma seleksi, kita juga siap untuk melakukan asessmen dalam rekrutmen calon pejabat di perusahaan daerah maupun lembaga pemerintahan,” kata Agussani.

Disebutkannya UMSU memiliki fasilitas dan SDM yang cukup untuk melakukan assesmen calon pejabat maupun pendidikan dalam rangka meningkatkan kualitas SDM lembaga atau perusahaan.

Menurutnya UMSU prinsipnya siap untuk membangun kerjasama dalam rangka penguatan dan peningkatan SDM di lembaga swasta maupun pemerintahan. Kerjasama itu sendiri merupakan bagian dari wujud pelaksanaan catur darma perguruan tinggi.

Kepala Tim Penerimaan Taruna Akpol 2017 Kombes Pol Eldi Yudianto mengatakan, seleksi ini diikuti 92 peserta untuk diambil sesuai kuota sekitar 15 dan ini yang pertama model seleksi menggunakan CBT.

Dijelaskan, dalam seleksi akademik calon taruna Akpol Tahun 2017, Poldasu memanfaatkan fasilitas CBT yang dimiliki FK UMSU karena peralatan yang dimiliki cukup baik dan canggih. Hanya karena pelaksanaan test akademik dengan CBT baru pertama kali digelar sehingga perlu ada penyesuaian sistem.

Selain UMSU, ada beberapa lokasi yang digunakan Poldasu untuk seleksi akademik calon anggota Polri, baik tamtama, bintara dan Akpol diantaranya, Unimed, USU dan beberapa lembaga pendidikan swasta. Hanya UMSU khusus untuk seleksi calon siswa Akademi Kepolisian.

Kepala SPN Sampali ini menyebutkan, UMSU memiliki fasilitas CBT yang cukup representatif. Untuk itu pihak Poldasu akan terus bekerjasama dengan UMSU. Seleksi dengan CBT ini dilakukan secara offline sebelumnya dilakukan secara manual dengan menggunakan kertas.

Poldasu, menurut Kombes Pol. Eldi Yudianto, memberikan apresiasi kepada UMSU karena telah menyediakan fasilitas CBT. Dengan sistem CBT, lanjutnya, pelaksanaan ujian Akpol jauh lebih baik, efektif, cepat serta transparan dibandingkan secara manual.