DELISERDANG-Pengamanan super ketat Bandara Kualamu dibobol oleh orang yang diduga menderita kelainan jiwa. Sungguh memalukan ! Kejadian ini tentu saja memunculkan pertanyaan, sebegitu mudahkah pengamanan bandara bertaraf internasional bisa dibobol orang?

Selayaknya bandara berkelas internasional, yang mempunyai pengamanan super ketat adalah wajib dilakukan baik untuk setiap orang, baik itu karyawan, pengunjung maupun penumpang.

Namun, kondisi itu tidaklah demikian adanya. Terbukti, pria yang diduga menderita kelainan jiwa bisa lolos dalam pemeriksaan boarding pass oleh petugas keamanan Bandara Kualanamu dan masuk ke dalam kabin pesawat Lion Air tujuan Jakarta.

Diketahui, pria tersebut berinisial AF (40), warga Tembung Medan. Menurut pengakuan kelurganya yang menjemput ia memang menderita gangguan jiwa ketika menjalani pemeriksaan di Polsek Beringin Deliserdang.

Pantauan AF berhasil lolos dari pemeriksaan setelah mengelabui petugas pengamanan di Security Check point (SCP) dengan cara merapatkan diri dengan penumpang lain yang sedang men-scan berkode boarding pass dan masuk secara bersamaan.

Kemudian sesampainya di ruang tunggu penumpang, AF masuk melalui pintu (gate) 8 dengan memanfaatkan petugas sedang yang sibuk melakukan proses boarding. Namun, usahanya tidak berhasil karena digagalkan petugas keamanan ketika dirinya sampai ke pesawat.

Humas AP II Bandara Kualanamu, Abdi Nugroho saat dikonfirmasi tidak menampik kejadian tersebut.Menur utnya, peristiwa itu tentunya akan menjadi perhatian serius bagi pihak Angkasa Pura II agar lebih meningkatkan pengamanan.

“Khususnya saat melalui proses pemeriksaan kepada penumpang,” kata Abdi.

Sedangkan yang bersangkutan setelah diamankan saat itu juga langsung diserahkan ke Polsek Beringin guna mendapatjan tindakan lanjut.