MEDAN-Kalau sudah bulan ramadhan salah satu makanan yang disuguhkan untuk berbuka yang paling dinanti adalah bubur pedas. Makanan spesial ini berbahan dasar beras dengan ditambah daging dan sayuran. Puluhan jenis rempah yang ada di dalamnya membuat rasanya menjadi pedas.

Bubur pedas sudah menjadi salah satu makanan khas saat bulan suci Ramadan dan menjadi bagian dari sejarah serta kebudayaan Kota Medan. Bubur hidangan khas Melayu ini menjadi santapan khusus setiap bulan Ramadan dan hanya disediakan di Masjid Raya Al Mashun Jalan SM Raja, Medan.

Rasa bubur pedas di Masjid Raya itu sangat khas karena dimasak secara tradisional dengan dimasak dengan kayu bakar dalam tungku besar, sehingga memberi aroma khas.

Bubur pedas ini juga disajikan gratis untuk masyarakat yang ingin berbuka puasa di Masjid Raya Al Mashun. "Setiap hari kita buat 900 porsi yang dibagikan gratis ke masyarakat Kota Medan. Sejak dulu bubur ini selalu menjadi ciri khas dari Masjid Raya ini," kata Hamdan salah seorang pengurus masjid termegah di Kota Medan ini.

Hamdan, juga mengatakan jika bagi masyarakat yang ingin membawa pulang bubur pedas untuk berbuka dirumah, cukup datang ke Masjid Raya Al Mashun setelah waktu Ashar, maka satu porsi bubur pedas bisa diperoleh secara cuma-cuma

Vivi salah satu warga sekitar menuturkan, bahwa kuliner ramadhan ini sangat dinantikannya. "Tiap tahun selalu nungguin bang, saya doyan masih orisinil, pernah buat juga dirumah tapi tak selezat disini." ungkapnya

Diketahui sebelumnya pembagian bubur pedas itu sudah dilakukan pihak Masjid Raya Al Mashun sejak Ramadan tahun 1909 masehi. Saat itu merupakan masa kejayaan Kesultanan Deli di bawah kepemimpinan Sultan Makmun Al Rasyid Perkasa Alam Syah.

Meski rempah yang digunakan juru masak di Masjid Raya Al Mashun sudah berubah dibandingkan di masa lalu, bubur pedas tetap diminati warga. Bubur pedas menjadi menu khas saat Ramadan yang tak bisa dipisahkan dari Kota Medan. Bukan hanya warga Kota Medan, pengunjung dari luar Sumatera Utara juga kerap datang hanya untuk mencicipi makanan khas dari Tanah Deli.