MEDAN-Yayasan Pendidikan Shafiyyatul Amaliyyah (YPSA) akan menggelar Quantum Leadership Ramadan (QLR) pada 5-8 Juni 2017.

Azhar Fauzi, Ketua Panitia Quantum Leadership Ramadan ini menuturkan kegiatan Leadership bukan hanya siswa YPSA, melainkan juga untuk siswa di luar YPSA.

Sehingga, kegiatan ini cukup baik untuk hubungan silaturahmi dan menambah teman dan relasi di luar sekolah serta memupuk persahabatan anta sekolah, baik itu sekolah swasta dan negeri di Kota Medan.

Nanti ada sesi diskusi, tanya jawab, sharing dan membaca Al Quran secara berkelompok yang mempersatukan peserta dari sekolah-sekolah berbeda.

"Kelompok diskusi, tadarus dan sharing akan dibagi secara acak sehingga akan bertemu dengan teman-teman dari sekolah lain, bukan 1 kelompok dengan sekolah yang sama," kata Azhari Fauzi.

Mulai siswa Playgroup,TK hingga kelas 4 SD, kegiatan Leadership Ramadan dimulai pada pukul 08.00 hingga pukul 13.30 sedangkan siswa kelas 5 SD hingga kelas 3 SMA dimulai dari pukul 08.00 hingga 21.00.

"Kegiatan siswa kelas 1 hingga kelas 4 SD diisi dengan kegiatan belajar salat, membaca Al Quran, materi tentang keislaman hingga games yang disisipi dengan pelajaran islam pula," katanya.

Sedangkan untuk siswa kelas 5,6 SD, SMP hingga SMA, katanya lebih padat kegiatan. Mulai dari mendengarkan materi keislaman, motivasi dan ceramah dari pemateri hingga para dosen dan ustad dari luar, kemudian share pengalaman dan motivasi dari qori' atau tahfidz Al Quran serta games yang juga disisipi pelajaran islam.

"Selain kegiatan tersebut, peserta juga melakukan salat jamaah dan tadarus bersama dengan target khatam dalam 4 hari, atau sekitar 8 juz perhari," tambahnya.

Ia juga menuturkan kegiatan ini banyak mengambil instruktur dari luar sekolah untuk membimbing peserta. Agendanya pemateri yang akan mengisi QLR adalah Ustadz Abdul Latif Khan, Akmal Azhari Tarigan, Ashabul Ansor, ustadz Qosim Nurseha, dan lain-lain.

"Jadi tidak membatasi peserta karena nantinya instruktur dari luar ikut membantu pembimbingan peserta khususnya untuk siswa kelas 5,6 SD, SMP hingga SMA yang butuh perhatian khusus karena kegiatan yang full dari sehari. Kelompok siswa SMP dan SMA akan mengikuti kegiatan full hingga usai tarawih, jadi tidak menginap di sekolah, tapi tetap maksimal karena dimulai pada pagi hari hingga malam," tambahnya.

Kurniawan, Humas YPSA, menuturkan bagi siswa yang ingin mengikuti Quantum Leadership Ramadan dapat mendaftar dengan datang langsung ke YPSA di Jalan Setia Budi No 191, Sumatera Utara.