MEDAN-Masjid Al Musanif yang berada di Perumahan Cemara Asri Medan memiliki kaligrafi 10 juz ayat Al Quran di dinding yang terbuat dari kayu jati.

Pilar bangunan juga bertuliskan ayat Alquran serta pembatas atau penyangga di lantai 2 juga menggunakan kayu dengan kaligrafi berukirkan Asmaul Husna atau 99 nama Allah.
Suasana teduh di dalam dan di luar mesjid, karena dominasi kayu dengan kaligrafi ayat suci Al Quran akan anda rasakan saat berada di dalam masjid.

Masjid Al Musannif ini menjadi satu arsitektur masjid terindah di kota Medan, dengan kemegahan Kaligrafinya.

Keberadaan masjid yang dibangun oleh pengusaha H Anif dan keluarga ini termasuk mewah dan unik. Banyak ukiran kaligrafi Arab sebagai dekorasi di masjid Al Musannif ini, berpadu serasi pula dengan nuansa Islami.

Sentuhan seni bernafaskan keislaman berpadu dengan konsep dekorasi masjid modern, menambah keindahan tersendiri terutama simbolik ayat-ayat suci Al Quran dan Hadist.

Hampir setiap sudut interiornya terpampang dekorasi dengan ukiran yang indah dengan tingkat kerapian yang tinggi.

Saliman Tarigan, Pengurus BKM Mesjid Al Musannif menuturkan ukiran kaligrafi ini dipesan khusus termasuk pemasangan yang didatangkan dari Jepara di Magelang.
Penempatan seniukir bermotifkan kaligrafi Arabesk yang dipesan khusus oleh H Anif ini memakai kayu berkualitas yang bisa tahan lama.

Efek khusus kayu berukir ini, dibuatkan dengan cat agar berkilat bila terkena cahaya matahari pada siang hari dan pengaruh sinar dari lampu hias. Ukiran-ukiran kutipan ayat-ayat Al Quran terkesan mewah dan penuh makna keagungan, molek dan tertegun kekhusukan apabila melihatnya.

Warna coklat berkilat pada ukiran kaligrafi ini menambah makna mulia di atas kebajikan.
"Seni hias (dekorasi) lain yang ada dalam masjid Al Musanif terdapat ukiran di seputaran mihrab, mimbar lantai bawah dan juga teras yang terdapat ukiran sepanjang pembatas lantai atas. Ukiran lainnya dibuat pada tiang penyangga pilar dalam masjid, serta banyaknya ornamen di lingkaran kubah tepat bangunan," katanya.

Di tengah-tengah ruangan terdapat lampu gantung yang terkesan elegan cukup untuk menerangi seluruh ruangan.

Masjid ini juga dilengkapi pengeras suara komplit dengan layar televisi terletak di lantai 2 bagian atas. Fasilitas ini dipakai jamaah sewaktu mendengarkan khatib ketika berceramah.