MEDAN–Dua kader Partai Amanat Nasional (PAN), masing-masing Kuat Surbakti dan Abu Bokar Tamba, merupakan orang pertama yang telah menyerahkan berkas pendaftaran bakal calon legislatif ke Kantor Dewan Pimpinan Wilayah (DPW) Partai Amanat Nasional (PAN) Sumatera Utara.

Kedua kader PAN, yakni Kuat Surbakti yang saat ini Anggota Fraksi PAN di DPRD Kota Medan, telah mempersiapkan diri untuk merebut kepercayaan DPW PAN Sumut, sehingga nantinya bisa diusung pada Pemilu Legislatif 2019 mendatang. Sedangkan Abu Bokar Tamba selaku Anggota DPRD Sumut periode 2009-2014 ini kembali berharap memperoleh kepercayaan DPW PAN maju sebagai caleg 2019-2024.

Diakui Kuat Surbakti, masa dua periode di DPRD Medan, dirinya memiliki keinginan naik peringkat ke level Provinsi untuk Daerah Pemilihan Sumatera Utara 2 Medan B. “Saya berharap, ini sebagai langkah upaya regenerasi di tubuh partai berlambang matahari terbit,” ujarnya.

“Saya sudah dua periode sebagai anggota dewan di DPRD Medan, dan juga sudah pernah menjadi Sekretaris DPD PAN Medan. Untuk Pemilu 2019, saya berkeinginan naik level,” ungkap Kuat, setelah menyerahkan berkas pendaftaran di Kantor DPW PAN Sumut Jalan Wahid Hasyim, Medan.

Secara terpisah, Ketua Komite Pemenangan Pemilu Wilayah (KPPW) PAN Sumut Hendra Cipta dan Sekretaris KPPW Aripay Tambunan, saat ditemui KarakterNews.com, Senin (29/5/2017), menegaskan pendaftaran bakal caleg dibuka bagi masyarakat, tidak terkecuali unsur masyarakat yang sebelumnya berkiprah di partai politik lain. “Intinya, siapa pun boleh mendaftar, silakan,” ujarnya.

Dikemukakan Hendra Cipta, para bakal caleg yang mendaftar, dipersilakan menentukan Daerah Pemilihan (Dapil) yang diminati. Nantinya, seluruh calon akan dievaluasi secara ketat meliputi banyak aspek dan kriteria. Nilai dan peringkat yang diraih para pendaftar, akan menjadi basis penentuan nomor urut di Dapil masing-masing.