PADANGSIDIMPUAN-Demi menjaga kenyamanan dan ketentraman bagi umat muslim yang sedang menjalankan ibadah di bulan Ramadhan ini, satuan unit Reskrim Polres Padangsidimpuan melakukan operasi penyakit masyarakat (Pekat).

Dipimpin langsung oleh Kasat Reskrim Polres Padangsidimpuan AKP Zul Efendy, melakukan operasi dengan target para penjual petasan. 4 toko yang diduga menjual petasan berbahaya di geledah tim sat Reskrim Polres Padangsidimpuan. Dari hasil operasi tersebut, petugas berhasil mengamankan barang bukti berupa 5 dus petasan roket, 12 stik mercun ukuran 1,9 inci, dan 1 paket petasan roket.

Kasat Reskrim menjelaskan pihaknya melakukan razia terkait peredaran petasan maupun mercun di bulan Ramadhan ini sesuai dengan instrukai Kapolri dan Kapolda. "Demi menjaga kenyamanan dan kekhusyukan umat muslim dalam beribadah apa lagi malam hari dalam menjalankan ibadah sholat taraweh dan tadarus agar tidak tergang dengan bunyi bunyi ledakan petasan maupun mercun," terang kasat.

Seperti pemberitaan Go Sumut pada Sabtu (27/5/2017) "Kapolda Sumut menegaskan gunakan petasan bisa di pidana".

Seluruh barang bukti yang diamankan petugas dibawa ke Mapolres Padangsidumpuan, sedangkan pemilik toko akan di surati oleh pihak Reskrim supaya menunjukkan surat izin penjualan petasan maupun mercun.