JAKARTA - Menjelang Ramadan 2017, Ketua DPD RI sekaligus Ketua Umum Partai Hanura, Oesman Sapta Odang, menggelar rangkaian kegiatan di Provinsi Banten, salah satunya adalah peresmian pesantren di Serang, Kamis (25/5/2017).

Selain itu, Oso sapaan akrabnya, juga sowan atau berkunjung ke kediaman KH Muhtadi Dimyathi di Cadasari, Kabupaten Pandeglang Banten.

Dari pantauan GoNews.co, yang ikut dalam rombongan, silaturahmi antara Oso dan KH Muhtadi terlihat penuh keakraban, serta dialog penuh kehangatan. Pujian pun keluar dari Oso. "Banten khususnya Pandeglang, harus bangga punya tokoh seperti Buya ini, karena beliau ini adalah tokoh pemersatu umat," ujar Oso.

"Saya niatkan betul untuk berkunjung kemari menemui buya, bicara soal ketokohan, beliau ini kan generasi ke lima, bayangkan kalau generasi ke lima saja sudah terkenal apalagi generasi pertama," candannya.

Ingat era penjajahan belanda lanjut Oso, para pejuang justru berjuang dan berkumpul di tempat mbah dan buyutnya buya Muhtadi. "Kurang hebat apa orang Banten sana, tapi fakta sejarahnya tetap ke Pandeglang, karena disini ada tokoh pemersatu," paparnya.

Iapun sempat berpesan, agar umat islam tetap bersatu menjaga kerukunan umat dan selalu menjaga Kebhinekaan. "Rajin-rajinlah sowan ke para Kyai, Ustaz, Ulama. Karena beliau-beliau inilah sejatinya panutan kita semua dalam mempersatukan semua elemen bangsa," pungkasnya. ***