MEDAN - Personel kepolisian dari Polrestabes Medan mengawal peringatan hari kenaikkan Isa Almasih di Gereja Katedral Jalan Pemuda, Medan, Kamis (25/5/2017). Dengan bersenjata lengkap, petugas lalu lalang guna mengantisipasi kejadian yang tidak diinginkan. "Untuk pengamanan di sini, ada sekitar 12 personel yang siaga sejak pagi. Sebelum melakukan penjagaan, kami lebih dulu melakukan sterilisasi," kata Iptu Nelson, perwira Polrestabes Medan ketika dikonfirmasi GoSumut.

Nelson menjelaskan, tiap orang yang datang ditandai satu persatu. Begitu juga dengan barang bawaan tamu, diperiksa secara teliti di depan pintu masuk gereja.

Kepala Keamanan Gereja Katedral, Darma mengatakan bahwa ibadah misa yang berlangsung di katedral dibagi dalam tiga waktu yakni pukul 08.00 WIB pagi, pukul 10.00 WIB, lalu pukul 17.30 WIB.

"Tadi pagi, para jemaat sudah melakukan ibadah misa pertama dan tadi langsung dilanjutkan dengan ibadah misa kedua pada pukul 10.00 WIB," katanya.

Untuk pengamanan gereja, Darma menjelaskan bahwa pihak gereja menurunkan 12 petugas keamanan. Di mana, enam orang bertugas mengamankan di pagi hari dan enam orang lagi bertugas di sore hari.