BLANG PIDIE – Hari ini harga danging kerbau di Kabupaten Aceh Barat Daya (Abdya) tembus harga Rp200 ribu per kilogramnya. Mahalnya harga daging meugang tersebut disinyalir karena jadwal pemotongan hewan meugang di kabupaten setempat dijadwalkan besok. Meugang merupakan tradisi perayaan mulai H-2 memasuki bulan Ramadan di Aceh.


Pedagang daging meugang, Armia yang ditemui GoAceh di lapak penjualan dadakan di Gampong Keude Paya Kecamatan Blangpidie, Kamis (25/5/2017) mengakui, pihaknya menjual daging kerbau dan lembu antara Rp180–Rp200 ribu per kilogramnya.

“Untuk kerbau Rp200 ribu perkilonya, kalau sapi di kisaran Rp180 ribu,” sebutnya.

Baca: Meugang Pertama, Daging di Bireuen dan Aceh Utara Rp170 Sekilo

Disebutkan Armia, pihaknya terpaksa menjual harga daging dengan harga mahal dikarenakan pada hari ini hanya beberapa pedagang daging meugang yang menyembelih hewannya.

“Pemotongan hewan untuk meugang sesuai dengan edaran bupati besok, jadi hari ini daging masih terbatas, mungkin itulah yang membuat lebih mahal,” akunya.

Pantuan GoAceh, untuk hari ini hanya terlihat beberapa penjual daging meugang yang membuka lapak dadakan disejumlah titik. Sementara untuk pemotongan secara massalnya akan dilaksanakan besok sesuai dengan edaran bupati Abdya.