BINJAI-Kesehatan sangat penting dan berharga. Namun, tak sedikit masyarakat kewalahan untuk membayar biaya pengobatan saat menjalani perawatan di rumah sakit.

Melihat kondisi itu, Ketua DPRD Binjai dan Ketua Komisi B serta anggotanya, memperjuangkan 11.000 warga Binjai untuk terdaftar sebagai peserta Penerima Bantuan Iuran (PBI) yang ditampung dalam APBD.

Agar yang dicita-citakan itu terwujud, Komisi B DPRD Binjai kembali mengundang sejumlah dinas terkait, seperti Dinas Pencatatan Kependudukan dan Cacatan Sipil (Disdukcapil), Dinas Kesehatan (Dinkes), Dinas Sosial (Dinsos), serta Kepala BPJS Kota Binjai Tomas.

Rapat dengar pendapat (RDP) yang berlangsung di ruang rapat utama itu dipimpin Ketua Komisi B, Jonita Agina Bangun.

Dari rapat tersebut, diketahui jumlah warga yang sudah terdaftar sebagai peserta PBI sebanyak 8.999 orang. Sementara, sebanyak 2000 warga lainnya sudah terdata dan akan diverifikasi agar data tersebut benar-benar valid untuk dijadikan peserta PBI.

"Dari pendataan yang kami lakukan, sebanyak 2000 warga yang belum terdaftar PBI. Data ini segera kami serahkan ke Disdukcapil untuk diverifikasi," ujar Kadis Sosial, T Syarifuddin.

Sementara, Kadis Dukcapil Kota Binjai, Taufik, mengaku siap melakukan verifikasi jika sudah menerima data tersebut. "Saat ini data Dukcapil kementerian sinkron dengan BPJS, sehingga memudahkan kita untuk mengetahui apakah warga yang akan kita daftarkan sebagai peserta PBI sudah terdaftar sebagai peserta PBI Pusat atau belum," terangnya.

Begitu juga dengan Kadis Kesehatan, dr Mahaniari, mengaku siap menampung anggaran untuk 2000 warga yang belum terdaftar PBI. "Kalau data sudah valid, tentunya kami siap menganggarkannya," tegas Mahaniari.

Setelah rapat usai, Ketua Komisi B DPRD Binjai, Jonita Agina Bangun, mengaku masyarakat yang ditampung dalam PBI biaya pengobatannya akan ditanggung APBD. "Setiap peserta akan ditampung di Klas 3. Dengan program ini, masyarakat miskin dapat memperoleh pelayanan kesehatan sebagaimana mestinya," ujar Jonita.

Sementara, data yang diperoleh dari BPJS disebutkan peserta BPJS/PBI di Kota Binjai saat ini sudah mencapai 70 persen dari total penduduk sekitar 282.415 jiwa.

Adapun rinciannya, peserta PBI APBD sebanyak 8.999, PBI APBN 63.372, Pegawai Pemerintah Non Pegawai Negeri (PPNPN) 8.921, Pegawai Swasta 21.093, Pekerja Mandiri 55.439, PNS Daerah 19.392, PNS Pusat, 2.949, dan TNI 3.914, Kepolisian 3.978, dengan total 197.721 jiwa.