LABUHANBATU - Sebanyak 150 kantong darah yang diambil dari seratusan personel Kepolisian Resor Labuhanbatu secara resmi telah diterima Palang Merah Indonesia (PMI) Labuhanbatu. Aksi donor darah itu serangkaian kegiatan menyambut HUT Bhayangkara ke-71 pada 1 Juli 2017 mendatang. Kegiatan donor darah yang dilaksanakan di Aula Yanpiter Mapolres setempat, Rabu (24/5/2017) juga diikuti Kapolres Labuhanbatu AKBP Frido Situmorang beserta sejumlah perwira lainnya.

"Kegiatan ini serangkaian dengan akan dilaksanakannya HUT Bhayangkara yang ke 71 pada 1 Juli 2017 mendatang, dan ini merupakan bentuk bhakti Polri kepada daerah, semoga Kegiatan ini dapat bermanfaat bagi masyarakat," Kata AKBP Frido Situmorang.

Kata Kapolres, dalam pelaksanaan donor darah tersebut, pihaknya telah mendonorkan sebanyak 150 kantong darah, dan diharapkan nantinya dapat membantu pihak PMI dalam mengantisipasi kecukupan darah di Labuhanbatu.

Sementara itu, Plt Kepala Dinas Kesehatan Labuhanbatu, Hasnul Basri Siregar mengatakan, pihaknya sangat terbantu sekali atas kegiatan donor tersebut yang nantinya akan disalurkan kepada yang membutuhkan.

“Untuk di Labuhanbatu, sejak tahun 2012, setiap bulan dibutuhkan sebanyak 300 kantong darah. Dimana, PMI setiap bulannya hanya mampu menyiapkan 150 kantong darah. Dengan adanya donor dari kepolisian ini, tentunya sangat membantu sekali,” kata Hasnul.

Menurut Hasnul, kantong-kantong darah itu nanti akan disalurkan PMI ke tempat pelayanan kesehatan dan balai pengobatan yang ada di Labuhanbatu.

“Akan disalurkan ke rumah sakit khususnya RSUD Rantauprapat, klinik serta balai pengobatan,” katanya.

Hasnul juga menjelaskan, untuk usia produktif seseorang dapat melakukan donor darah adalah pada usia 17-60 tahun.

“Usia produktif pada usia 17 hingga 60 tahun, untuk yang 60 tahun harus lebih sering donor,” tutupnya.