PADANG LAWAS - Sebanyak 100 siswa SMK N 1 Lubuk Barumun, Kabupaten Padang Lawas (Palas) mengikuti safari jurnalistik yang diselenggarakan Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Perwakilan Palas, Senin (22/5/2017). Dalam sambutannya, Kasek SMKN 1 Lubuk Barumun Bidarlis Nur Ibarahim Rangkuti mengucapkan selamat datang dan terimakasih kepada rombongan PWI Perwakilan Palas yang telah memilih SMKN 1 Lubuk Barumun sebagai lokasi untuk pelaksanaan kegiatan safari jurnalistik.

“Mudah-mudahan dengan kegiatan yang dimaksud, para siswa bisa lebih mengenal profesi wartawan yang sebenarnya sesuai amanat UU Nomor 40 Tahun Tahun 1999,” ungkapnya.

Ketua PWI Perwakilan Palas Idaham Butar-Butar mengatakan kegiatan safari jurnalistik bertujuan untuk member warna dan bisa membuka wawasan para siswa tingkat SLTA tentang dunia jurnalis bukanlah profesi yang sembarangan.

“Tetapi membutuhkan wawasan yang luas, karena di barengi dengan etika sesuai aturan perundang-undangan yang berlaku,” pungkasnya.

Selain itu Kata Idaham, safari jurnalistik juga bertujuan untuk memotivasi para siswa supaya gemar menulis apa yang terpintas dibenaknya masing-masing untuk dirangkaikan menjadi berita yang menarik untuk dibaca.

“Gemar membaca untuk menambah wawasan dan mencerdaskan para siswa merupakan tujuan utama dari kegiatan safari yang dimaksud. Bila siswa sudah cerdas melalui pemahaman jurnalistik secara otomatis bisa merupakan bahagian dari visi misi Bupati Palas yang mencanangkan Bercahaya (Beriman, Sehat, Cerdas, Sejahtera dan Berbudaya),” terangnya.

Pantauan GoSumut, para pemateri yang berasal dari PWI Perwakilan Palas menerangkan kepada siswa tentang UU Pers dan Kode Etik Jurnalistik, selanjutnya wawancara, kemudian cara membuat berita yang baik dan benar.

Dalam safari jurnalistik tersebut, kali ini menghadirkan pemateri Kepala Cabang BRI Sibuhuan Dues K Arbain yang sudah banyak menulis diberbagai terbitan buku, khususnya dalam bentuk cerpen.

Di penghujung kegiatan, para siswa diberikan piagam penghargaan atas peran sertanya sebagai peserta safari jurnalistik. Pemberian piagam diserahkan Ketua PWI Perwakilan Palas Idaham Butar-Butar didampingi Sekretaris Atas Siregar dan Kasek SMKN 1 Lubuk Barumun Bidarlis Nur Ibarahim Rangkuti.