MEDAN-Pelaksanaan Ujian Masuk Politeknik Negeri (UMPN) gelombang I berlangsung aman dan lancar di Politeknik Negeri Medan.

Tampak Direktur Polmed, M Syahruddin ST MT bersama Nursiah SE MSi (Wadir I), Abdul Rahman SE Ak Msi (Wadir II), Nisfan Bahri Lubis ST MT (Wadir III) dan Ir. Berta Br Ginting MT (Wadir IV), meninjau langsung UMPN ke ruang ujian dan berdialok dengan sejumlah pengawas dan peserta terkait kondisi yang dihadapi saat pelaksanaan UMPN.

Pada UMPN gelombang diikuti sebanyak 5.342 peserta yang terdiri dari 2.617 peserta dari kelompok ujian IPA, 1,574 peserta kelompok Ujian IPS,dan 1.151 peserta Kelompok Ujian IPC. Peserta ujian gelombang I ini akan memperebutkan kursi yang tersedia pada 11 program sudi D III di Politeknik Negri Medan yang terdiri dari 8 program sudi rekayasa/keteknikan dan 3 program studi Tata Negara.

UMPN gelombang satu ini dilaksanakan secara nasional bersamaan dengan Politeknik Negri lainnya di seluruh Indonesia, sehingga akan memberikan kesempatan kepada setiap lulusan SMA, MA, SMK di daerah lainnya. Hal sesuai dengan kebijakan pemerintah dalam pemerataan kesempatan untuk memperoleh akses terhadap pendidikan tinggi.

Untuk tahun akademik 2017/2018 Politeknik Negri Medan melakukan penerimaan calon mahasiswa bukan hanya melalui jalur UMPN, tetapi juga melalui jalur undangan (PMP) dan Bidik Misi, kapasitas ini terus diupayakan untuk ditingkatkan seiring dengan peningkatan Angka Partisipasi Kasar (APK) Perguruan Tinggi di Indonesia.