MEDAN-Untuk menambah wawasan para mahasiswanya tentang ilmu dan teknologi, Institut Teknologi Medan (ITM) menggelar seminar nasional Internet of things dan Robotika dengan menghadirkan pembicara Dr Mohammad Mokhzani (Pakar IT dari Universitas Perlis Malaysia), dan Dr Muzammil Bin Jusoh (Senior Lektorer Universitas Perlis Malaysia).

Seminar dibuka oleh Dekan Fakultas Teknologi Industri ITM Dr Ir Suwarno MT, di Aula Kampus ITM Jalan Gedung Arca Medan, Sabtu (20/5/2017).

Dalam sambutannya Dr Ir Suwarno MT mengatakan tujuan dilaksanakan seminar ini adalah untuk menambah wawasan para mahasiswa tentang ilmu dan teknologi.

Disebutkannya Internet of Thing adalah dengan singkatan IoT merupakan sebuah konsep yang bertujuan untuk memperluas manfaat dari konektivitias internet yang tersambung secara terus menerus.

Adapun kemampuan seperti berbagi data, remote control dan sebagainya, termasuk juga pada benda di dunia nyata. Contohnya bahan pangan, elektronik, koleksi, peralatan appa saja, termasuk benda hidup yang semuanya tersambung ke jaringan lokal dan global melalui sensor yang tertajam dan selalu aktif.

Sementara Robotika adalah salah satu wacana teknologi untuk menuju peradaban yang lebih maju. Kebanyakan orang selalu beranggapan bahwa robot adalah kemajuan teknologi yang mampu menggeser tingkah laku seseorang untuk melakukan suatu tindakan. Dengan kemajuan yang pesat, maka kebutuhan akan SDM akan merosot tajam. Layaknya revolusi pada bangsa Eropa.