SERDANG BEDAGAI-Kampung KB menjadi salah satu inovasi strategis dalam upaya realisasi pelaksanaan kegiatan-kegiatan program Kependudukan Keluarga Berencana dan Pemberdayaan Keluarga (KKBPK) secara utuh dan terintegrasi.

“Mari kita bersama bahu membahu, bekerjasama dan memberikan dukungan untuk wujudkan kesejahteraan masyarakat melalui Kampung KB,” ajak Bupati saat meresmikan kampung KB di Desa Pekan Bandar Khalifah Kecamatan Bandar Khalifah.

Dikatakannya, Kampung KB merupakan tindak lanjut dari arahan Presiden RI sesuai agenda prioritas (nawacita) agar manfaat program KB dapat lebih dirasakan secara langsung oleh masyarakat terutama yang berada di wilayah miskin, padat penduduk, tertinggal, terpencil dan wilayah nelayan di seluruh tanah air.

“Presiden telah memberikan arahan agar pelaksanaan program KB lebih fokus kepada masyarakat kurang mampu dan masyarakat tidak memiliki akses terhadap fasilitas kesehatan,” terang Soekirman.

Bupati berharap, dengan pencanangan Kampung KB diharapkan akan dapat bergema kembali dan menjangkau masyarakat terutama berada desa/dusun se-Indonesia.

Sedangkan Ketua Panitia penyelenggara kegiatan Hj Irwani Jamilah, SH mengatakan tujuan dilaksanakannya kegiatan ini adalah untuk meningkatkan kualitas hidup masyarakat ditingkat kampung atau yang setara melalui program KKBPK serta pembangunan sektor terkait dalam rangka mewujudkan keluarga kecil berkualitas.

“Adapun sasaran Kampung KB adalah masyarakat dalam semua kelompok umur (keluarga, remaja, penduduk lanjut usia, pasangan usia subur, keluarga dengan balita, keluarga dengan remaja dan keluarga dengan lanjut usia,” paparnya.