MEDAN-Jelang bulan suci Ramadhan, harga ayam potong di sejumlah pasar tradisional di Medan, merangkak naik.

Pantauan di Pasar Pringgan, Jalan D.I Panjaitan Medan, ayam potong ini dijual Rp26 ribu perkilogramnya Sebelumnya, harga ayam potong ini hanya Rp30 ribu perkilogramnya

Sapri selaku Pedagang Ayam Pasar Pringgan Medan mengatakan, harga ayam saat ini kembali naik. Dikatakannya, harga ayam terus menerus naik dari pekan lalu.

"Seminggu sebelunya, naik terus. sempat Rp 26 ribu perkilo, naik jadi Rp 28 ribu. Dan sekarang naik lagi Rp 30 ribu perkilogram," ujarnya.

Disinggung sebab dari kenaikan harga ayam, Sapri mengatakan ketika mengambil ayam dari agen, harga sudah naik dari sebelumnya.

"Kami ambil sudah naik harganya, jadi kami jual ya naik juga. Gak mungkin kami jual dengan harga kemarin, bisa rugi kami. Gak tahu persis apa penyebab kenaikan harganya. Tapi begitu kami ambil, sudah naik harganya," ungkapnya.

Terpisah Lastiur pedagang ayam potong di Pasar Petisah Medan mengatakan hal yang sama, bahwa sudah 3 hari ini ayam potong yang dijualnya naik.

"Iya, biasa itu naik jelang hari besar gini bang, sekarang ayam saya jual Rp28-30 ribu perkilogramnyanya," Ungkapnya seraya menambahkan kenaikan ini dilakukan nya karena dari distributor ayam potong memang sudah naik.

Lastiur juga menambahkan walaupun harga naik, permintaan akan ayam potong tidak mengalami penurunan, masih stabil. "Walupun naik, permintaan masih normal bang," Ujarnya

Juniar selaku pemilik warung nasi di Area Pringgan mengatakan kenaikan ini membuatnya mendapatkan untung yang tipis.

"Ya kami tetap jualan ayam bang, meskipun mahal ya tetap dibeli, soalnya itu menu yang paling laku disini. Ya paling ukurannya aja yang dikecilin," ungkapnya.