MEDAN-Gubernur Sumatera Utara (Gubsu) Tengku Erry Nuradi menyambut gembira pelaksanaan peringatan  hari Pahlawan Nasional Pattimura 200 tahun yang dilaksanakan oleh Pemuda Maluku Indonesia Bersatu (PMIB)  Sumatera Utara di lapangan Benteng Medan.

Gubsu Erry mengatakan melalui peringatan ini, masyarakat Sumut dapat mengetahui bagaimana seorang pemuda berani mengorbankan jiwa dan raganya demi  melawan penjajah dan menjadi pelopor kemerdekaan.

‘’Perjuangan Pattimura kiranya dapat menggugah kita semua untuk terus mencintai bangsa Indonesia. Sebagai sebuah bangsa  kita juga harus  menghargai jasa jasa para pahlawan.   Apa yang kita buat pada negara ini sebagai tindak lanjut perjuangan pahlawan kita,’’ tandas Erry.

Erry menegaskan para pahlawan sudah  menyerahkan jiwa raganya demi kemerdekaan dan  kita sudah menikmati kemerdekaan itu.   Namun cita cita para pahlawan  belum sepenuhnya tercapai.  ‘’Ini kewajiban  kita khususnya generasi muda untuk melanjutkan perjuangan mereka sebagai pahlawan pembangunan," ujarnya.

Gubsu? mengajak setiap warga untuk terus mengibarkan semangat kepahlawanan. Karena masa depan bangsa yang indah tidak akan terwujud tanpa kerja keras.

Sementara itu Ketua Pemuda Maluku Indonesia Bersatu (PMIB)  Sumatera Utara Fitri Oktavia Noya mengatakan acara peringatan pahlawan nasional  dari pemuda Maluku dimaksudkan untuk mengajak pemuda-pemuda di Sumatera Utara untuk bangga dengan para pahlawan nasional, termasuk Pattimura. Peringatan ini juga sebagai bentuk rasa bangga dan sebagai even silaturrahmi bagi seluruh etnis yang ada di Sumatera Utara. 

Fitri menambahkan peringatan pahlawan nasional sebenarnya dilakukan setiap tahun dan peringatan 200 tahun menjadi lebih istimewa karena diisi dengan berbagai kegiatan berupa jalan sehat,  senam jantung, fashion show,  pengobatan gratis.

Peringatan hari Pahlawan Nasional Pattimura di hadiri oleh sejumlah tokoh masyarakat asal Maluku diantaranya JA Ferdinandus. Acara yang berlangsung  sejak pagi hari diisi juga oleh lucky draw. Gubsu mendapat kehormatan mencabut pemenang utamanya berhadiah sepedamotor.