RANTAUPRAPAT - Sebagai upaya penekanan fatalitas korban kecelakaan lalulintas, Polres Labuhanbatu gelar pasukan dalam rangka pelaksanaan Ops Patuh Toba 2017, yang dihadiri unsur pimpinan daerah, di halaman Mapolres setempat, Selasa (9/5/2017). Operasi ini diharapkan dapat menciptakan solusi menekan permasalahan dibidang lalu lintas yang telah berkembang dengan cepat dan dinamis, hal ini sebagai konsekuensi dari meningkatnya jumlah kendaraan bermotor dan populasi penduduk yang memerlukan alat transportasi.

Demikian amanat Kepala Korps Lalu Lintas Polri Irjen Pol. Royke Lumowa yang dibacakan Kapolres Labuhanbatu AKBP Frido Situmorang yang juga diikuti puluhan prajurit Kompi Senapan C, dan Satpol-PP Labuhanbatu Raya.

Saat ini, kata Kapolres, masih banyak ditemukan pengendara yang melawan arus lalu lintas, serta menggunakan kendaraan bak terbuka untuk transportasi masyarakat, yang kesemuanya itu dipastikan dapat mengancam keselamatan dalam berlalu lintas.

"Hal itu juga diyakini dapat menimbulkan kecelakaan lalu lintas. Di mana, menurut angka kecelakaan yang mengalami peningkatan sebesar 5 persen dari tahun 2015 ke tahun 2016 lalu," ungkapnya.

Menurut Kapolres, dengan dilaksanakannya operasi patuh toba 2017 ini, diharapkan dapat mencapai tujuan yakni, terwujudnya disiplin masyarakat dalam berlalu lintas, turunnya angka kecelakaan lalu lintas dan mampu menekan jumlah fatalitas korban kecelakaan lalu lintas.

"Selain itu, berkurangnya titik kemacetan, terciptanya kerjasama yang baik antar instansi pemangku kepentingan lalu lintas, dan terwujudnya situasi dan kondisi Keamanan, Keselamatan, Ketertiban, dan Kelancaran (Kamseltibcar) lalulintas yang mantap," jelasnya.

Frido juga menjelaskan, Operasi Patuh Toba tahun 2017 ini, akan dilaksanakan selama 14 hari terhitung sejak tanggal 9 Mei 2017-22 Mei 2017, dan serentak dilaksanakan di seluruh wilayah Indonesia.

"Pelaksanaannya 14 hari dan melibatkan sebanyak 250 personel dan dibantu instansi terkait, semoga nantinya angka kecelakaan semakin mengalami penurunan," kata Frido.