PANYABUNGAN-Satu pekan terakhir harga tandan buah segar (TBS) kelapa sawit di Kabupaten Mandailing Natal (Madina) mengalami tren turun menjadi Rp1.350 per kilo gram (kg) dari sebelumnya Rp1.450/kg hingga Rp 1.550/kg.

Hal itu disampaikan Suprianto petani sawit di Kecamatan Sinunukan dikatakan, terjadinya penurunan harga TBS tersebut mengakibatkan para petani mengeluh. Karena berpengaruh terhadap turunnya pendapatan mereka, apalagi saat sekarang kebutuhan keluarga meningkat.

"Harga TBS yang turun sangat dirasakan oleh kita, sebab untuk biaya pupuk dan biaya perawatan tidak pernah turun. Utamanya saat sekarang di mana anak sekolah baru selesai UN dan akan masuk perguruan tinggi, ataupun sekolah lanjutan," ujarnya.

Sehingga, katanya, dengan kondisi harga sawit kampung itu sebagian dari mereka harus meminjam kepada toke dalam memenuhi tuntutan kebutuhan sehari-hari rumah tangganya.

"Biasanya jika harga turun seperti ini, kita melakukan pinjaman di awal kepada toke agar bisa untuk biaya dapur, maupun untuk perawatan, kalau hasil panen memang standar. Makanya kita harapkan harga kembali naik, sehingga kita tidak perlu utang kepada toke," harapnya.