TAPSEL-Harga cabai merah di pusat pasar di Kabupaten Tapanuli Selatan (Tapsel) masih tergolong normal di harga Rp25.000 per kg.

"Harga cabai merah Rp 25.000 per kg. Harga itu masih normal yang dapat dijangkau konsumen," ujar Nur (38) usai belanja di Pasar Sipirok, Kabupaten Tapanuli Selatan.

Kendati harga cabai merah tergolong normal dengan harga Rp 25.000/kg, namun tidak membuat petani bergairah karena harga di tingkat petani yang jauh dari normal.

"Harga cabai di tingkat petnai hanya Rp 18.000 per kg," kata Rudi Pohan (34) salah satu petani cabai di Kelurahan Parau, Kecamatan Sipirok, Kabupaten Tapanuli Selatan, belum lama ini.

Dikatakan, bertanam cabai memiliki keunikan sendiri. Ada faktor keberuntungan di dalamnya, di mana petani tidak bisa memprediksi harga saat musim panen tiba.

"Kadang waktu harga lagi naik kita masih mengolah lahan, tiba giliran kita panen harga anjlok ya seperti sekarang," kata Rudi Pohan sambil mengatakan tetap semangat karena dengan harga seperti saat ini saja toh tidak membuat rugi petani.

Terpisah, petani cabai lainnya mengatakan bahwa harga di kisaran Rp 18.000/kg juga tergolong normal.

"Bila dibanding dari sebulan lalu harga Rp 18.000 per kg sudah naik dari sebelumnya yang hanya Rp 15.000 per kg," kata Syahrin SY Hutasuhut, seorang petani cabai lainnya.