PANYABUNGAN-Petani sawah darat di Kecamatan Hutabargot Nauli, Kabupaten Mandailing Natal (Madina), dibuat resah akibat serangan hama pada tanaman padi mereka. Bahkan padi mereka terancam gagal panen.

M Pulungan seorang petani di Panyabungan mengatakan, hampir seluruh lahan pertanian sawah di daerahnya terkena serangan hama aneh tersebut. Hal itu membuat para petani sawah khawatir akan terjadi puso (gagal panen).

"Jika kita perhatikan bisa mencapai puluhan hektar ini tanaman padi masyarakat yang terkena serangan hama. Dan hasil panen inilah nantinya yang diharapkan masyarakat untuk kebutuhan bulan puasa Ramadhan dan Hari Raya Idul Fitri," ujarnya.

Dia mengatakan, tanaman padi yang mulai bunting tersebut awalnya serangan hama terlihat seperti binatang kecil. Namun, serangannya begitu cepat penyebarannya sampai tanaman terlihat kering lalu mati.

Hal itulah menurutnya yang membuat petani bingung dengan serangan hama begitu cepatnya menyebar ke hampir seluruh ladang terkena imbasnya. "Kita berharap adanya bantuan dari penyuluh pertanian maupun Dinas Pertanian bagaimana mengatasi serangan hama tersebut, agar gagal panen terhindar," harapnya.