KAMPAR - Pemerintah Kabupaten Serdang Bedagai (Sergai) memproyeksikan kunjungan 1 juta wisatawan di wilayah mereka dalam setahun melalui Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah (RPJMD) 2021.



Hal itu diungkapkan Bupati Sergai H Soekirman dalam melakukan kunjungan kerja ke Bangkinang, Kabupaten Kampar, Riau, dalam perpaduan melayu Sergai dan melayu Riau, Rabu (12/4/2017).

“Pengembangan seni dan budaya punya peran dalam menarik wisatawan dalam target 1 juta setahun ke Sergai,” papar Bupati Sergai.

Kunjungan tersebut, kata Soekirman, dalam upaya menggali sekaligus melestarikan budaya lokal, khususnya budaya Melayu.

“Dengan kunjungan ini kiranya dapat semakin melestarikan budaya lokal dan mempererat hubungan antara kedua daerah,” bilang Soekirman.

Sementara itu Plt Sekda Kampar, Nurahmi, mengatakan, Kabupaten Kampar memiliki keberagaman kebudayaan seperti seni adat, bahasa sastra lisan dan peninggalan sejarah yang diimplementasikan dalam bentuk Basiacuang (seni berbalas pantun).

“Calempong Ogoung (pertunjukan alat seni khas Kampar) berhasil meraih penghargaan Rekor MURI dengan menggelar kegiatannya selama 7 hari non stop pada 2014 silam,” terang Ir Nurahmi.

Diterangkan Nurahmi, Kabupaten Kampar kaya akan situs budaya sebagai bukti kejayaan nusantara di zaman lampau dan cerita legenda nasehat dapat memberikan contoh baik untuk keturunan kita kelak.

“Kampr juga mempunyai wisata religi sebagai serambi Mekkah-nya Provinsi Riau dalam memikat pengunjung,” paparnya.