MEDAN - Pencanangan Kampung KB Model Sehat Sejahtera di Kecamatan Medan Johor diharapkan dapat meningkatkan kesejahteraan masyarakat. Apalagi di daerah ini terdapat bantaran kereta api dan padat penduduknya. Untuk itu program ini dapat dilaksanakan  dengan sungguh-sungguh disertai menggali pemberdayaan ekonomi yang lebih aktif lagi.

                Demikian disampaikan Wali Kota Medan, Drs H T Dzulmi Eldin S MSi diwakili Asisten Pemerintahan dan Sosial Kota Medan, Drs Musaddad MSi ketika mencanangkan Kampung KB Sehat Sejahtera Medan 2017 di Jalan Brigjen Hamid, kelurahan Titi Kuning, Kecamatan Medan Johor, Senin (10/4).

                Guna mendukung suksesnya program Kampung KB, Musaddad mengatakan, Wali Kota  menghimbau kepada seluruh jajaran Pemko Medan, pimpinan SKPD, camat, lurah serta segenap mitra kerja pembangunan kota agar ikut mndukung dan melaksanakan program pencanangan asesuai dengan tugasnya masing-masing.

                Diungkapkan Musaddad, program Kampung KB ini dilaksanakan di setiap kecamatan dengan kriteria wilayahnya merupakan kawasan kumuh, daerah aliran sungai, bantaran kereta api, padat penduduk dan kawasan miskin perkotaan. “Mari kita tingkatkan kinerja, memberikan pelayanan program KB yang lebih baik kepada masyarakat karena program KB bukan hanya perngendalian pertumbuhan penduduk semata tetapi juga program pengaturan kelahiran dan pengasuhan anak secara sehat,” kata Musaddad.

                Selanjutnya Wali Kota, jelas Musaddad, mengingatkan sasaran utama program Kampung KB ini harus mampun memastikan tidak terjadi lagi kasus kematian ibu melahirkan dan kematian anak ketika dilahirkan . “Hal ini adalah misi kemanusiaan yang mulia, sehingga wajib kita jalankan dengan sebaik-baiknya,” harapnya.

                Lebih jauh Musaddad memaparkan, pencanangan Kampung KB ini merupakan gagasan Presiden Republik Indonesia, Joko Widodo yang dimaknai sebagai pembangunan nasional yang berawal dari desa, kelurahabn, kampung/pinggiran. Program ini dirancang sebagai upaya untuk mendekatkan akses pelayanan kepada keluarga .

                “Jadi mari kita jadikan Kota Medan sebagai kota dengan penduduk yang sumber daya manusia (SDM) berkualitas. Mari kita sukseskan berbagai program pembangunan Kota Medan yang telah direncanakan, termasuk Kampung KB ini dengan harapan didukung penuh seluruh lapisan masyarakat,” harapnya. (Yen)