MEDAN - Mayjen TNI Cucu Sumantri yang baru saja dilantik sebagai Panglima Daerah Militer (Pangdam) I Bukit Barisan merasa terpanggil untuk membanahi PSMS Medan. Hal itu terlihat saat dirinya menggelar silaturahmi terhadap sejumlah pengurus PSMS Medan dan awak media di Makodam I/BB, Jumat (10/3/2017). Dalam kesempatan itu, dirinya juga berpesan kepada pengurus agar bisa sama-sama memajukan klub kebanggaan Kota Medan tersebut.

Salah satu langkah yang diambil adalah dengan menggairahkan kembali animo masyarakat terhadap sepakbola Sumut.

Tak tanggung Cucu berencana mengundang sejumlah tim besar ke KOta Medan seperti Persib Bandung, PS TNI dan Bali united untuk menggelar laga eksibisi jelang kompetisi liga 2 yang akan bergulir April nanti. 

"Kita rencanakan untuk mendatangkan klub-klub besar tersebut ke Kota Medan untuk menggelar eksibis sekalian persiapan jelang berlangsungnya Divisi Utama (Liga 2)," sebutnya.

Sebagai pembina PSMS, Cucu merasa terpanggil untuk ikut memajukan dan mengembalikan era kejayaan PSMS sebagai salah satu tim yang disegani di kancah pesepakbolaan nasional. 

Dalam kesempatan itu, dirinya juga menginginkan agar PSMS bersih dari unsur politisasi. "Kita harapkan PSMS jangan dijadikan sarana atau alat politik seperti kepengurusan PSSI sebelum pak Edi Rahmayadi. Karena di sepakbola hanya fokus mencari prestasi. Begitu juga dengan pemerintah daerah juga harus ikut andil dalam memajukan sepakbola di Sumut. Termasuk PSMS," terangnya.

Disinggung mengenai adanya polemik di tubuh pengurusan belakangan ini Cucu hanya melihat hal itu sebagai miss komunikasi.

"Ini hanya miss komunikasi. Semua insan sepakbola Sumut harus tahu, bahwa PSMS ini bukanlah milik anggota klub, pengurus, maupun perorangan. Melainkan milik masyarakat Sumut serta kebanggaan bagi sepakbola nasional," sebutnya. 

Bahkan Cucu juga menyebutkan jika selama dua tahun belakangan PSMS mulai bangkit sejak dibina oleh Pangdam sebelumnya yang kini menjabat sebagai Pangkostrad, Edi Rahmayadi.

"Kebangkitan tim ini terlihat saat mampu menjuarai piala kemerdekaan tahun 2015. Karena itu, mari sama - sama kita besarkan PSMS ini. Semuanya harus diawali dengan  soliditas di tim terutama di kepengurusan. Insya Allah saya akan all out membantu demi peningkatan prestasi tim ini. Bahkan fasilitas seperti lapangan, kendaraan, dan mess bisa digunakan. Dengan begitu, saya yakin PSMS bisa naik ke kasta utama liga Indonesia," harapnya.

Dalam kesempatan itu juga, Cucu meminta para pengurus yang berseberangan untuk bisa menahan diri hingga dirinya kembali dari Jakarta untuk satu urusan yang tidak disebutkan.

"Meski belum tahu benar permasalahan tim saat ini, siapapun itu saya berharap untuk saling menahan diri dulu. Kita akan selesaikan ini secara komperhensif. Kita dukung l kepengurusan ini dulu, dan awali semua dengan itikad yang baik," tegas Cucu.