OTT BPN Deliserdang

Tim Saber Pungli Amankan 10 Pelaku, Satu Diantaranya Kepala Kantor

Tim Saber Pungli Amankan 10 Pelaku, Satu Diantaranya Kepala Kantor
Sebagian dari pejabat BPN Deliserdang yang diamankan terkait OTT Poldasu.
Jum'at, 10 Februari 2017 22:36 WIB
Penulis: Kamal

MEDAN - Tim Sapu Bersih Pungutan Liar (Saber - Pungli) Direktorat Reserse Kriminal Khusus Kepolisian Daerah Sumatera Utara (Polda Sumut) kembali menjaring 10 orang dalam operasi tangkap tangan (OTT) di Kantor Agraria Tata Ruang (ATR)/Badan Pertahanan Nasional (BPN) Kabupaten Deliserdang, Jalan Utama Komplek Perkantoran Pemkab, Lubukpakam, Jum'at (10/2/2017).

Informasi yang diperoleh, dari sepuluh orang yang diamankan, satu diantaranya Kepala BPN Deliserdang, Calvyn Sembiring turut terjaring dalam operasi tersebut.

Kasubdit III/Tindak Pidana Korupsi (Tipikor) Res Krimsus Polda Sumut, AKBP Dedi Kurnia membenarkan hal tersebut. Namun sayang, dia belum bersedia merinci ke-10 orang tersebut termasuk jumlah pegawai dan korban dari pemohon sertifikat tanah.

"Benar, 10 orang yang kami amankan. Langsung ke Pak Dir saja ya. Takutnya saya salah-salah pula," kata Dedi ketika dikonfirmasi GoSumut.

Dedi menjelaskan, saat ini oknum pegawai yang terjaring tengah diperiksa oleh tim penyidik.

Ads
"Sejauh ini masih dalam pemeriksaan. Belum ada penetapan tersangka. Karena penetapan tersangka, harus digelar (perkara) dulu," jelasnya.

Senada dengan Dedi, Kepala Bidang Hubungan Masyarakat (Kabid Humas) Polda Sumut, Kombes Rina Sari Ginting juga membenarkan adanya operasi di Kantor BPN Deliserdang. "Betul ada dilakukan OTT oleh Tim Dit Res Krimsus Polda Sumut sore tadi di Kantor BPN Deliserdang. Dugaan pungli terhadap proses pengurusan sertifikat," kata Rina.

Begitupun, Rina belum dapat menerangkannya secara rinci. Begitu juga terkait barang bukti yang diamankan. Orang nomor satu di bidang Humas Polda Sumut ini mengaku belum menerima datanya karena masih dalam tahap pemeriksaan.

"Masih dalam pemeriksaan. Seratusan juta uang disita," terang mantan Kepala Biro Perencanaan Polda Sumut ini.

Pantauan di lokasi, Kantor BPN Deliserdang digeledah oleh belasan petugas yang tampak mengenakan rompi hitam bertuliskan Tipikor Polda Sumut. Dibantu personel dari Sat Sabhara Polres Deliserdang, operasi yang dipimpin langsung Dir Res Krimsus Polda Sumut, Kombes Toga Panjaitan menyisir lantai II Gedung BPN Deliserdang, persisnya ke ruangan Kepala Seksi Pengukuran Pertanahan, Maltus Hutagalung.

Puas menyisir ruangan itu dan mengamankan sejumlah dokumen, petugas kembali menyisir lantai I, persisnya ke ruangan Kepala Seksi Pendaftaran Hak Tanah BPN Deliserdang, Indra. Tidak hanya itu, mobil dinas Toyota Kijang Inova putih plat BK 1173 M yang terparkir di halaman kantor juga digeledah petugas. Sejumlah bundelan kertas yang disinyalir dokumen soal tanah dibungkus dalam plastik, disita dari mobil dinas tersebut.

Tidak sampai di situ, ruangan Kepala BPN Deliserdang, Calvyn turut digeledah dan beberapa ruangan kepala seksi tak luput dari penggeledahan.

Akibat penggeledahan, ‎pelayanan terhadap pemohon surat sertifikat tanah sempat terhenti.

Editor:Fatih
Kategori:Gonews Group, Hukrim, Peristiwa, Umum, Medan
wwwwww