PADANGSIDIMPUAN - Besok, Sabtu (28/1/2017), ratusan warga etnis tionghoa diprediksi akan meramaikan Vihara Budha Avalokitesvara Kota Padangsidimpuan, untuk melakukan ibadah perayaan imlek. Pantauan wartawan, Jumat (27/1/2017) sore, suasana di rumah ibadah yang terletak di Jalan Sudirman Eks Merdeka, Padangsidimpuan Utara, sudah tampak bersih.

Johannes Pasaribu (45), pria yang selama 30 tahun menjaga dan membersihkan vihara ini mengatakan, puncak kegiatan ibadah perayaan imlek 2568 dilakukan secara beramai-ramai pada Sabtu (28/1/2017) besok. Selain sembahyang, perayaan ini juga disertai siraman rohani.

"Biasanya sembahyang, membakar hio atau dupa. Dan ada juga siraman rohani. Untuk jumlah warga yang datang diperkirakan mencapai 300 orang nantinya," terang Johannes.

Selain itu, Jumat (27/1/2017) malam ini, biasanya juga ada dirayakan dengan pembakaran hio dan dupa. Namun pada tahun belakangan ini sudah jarang dilakukan.

"Iya, biasanya ada detik-detik perayaan malam imlek. Kegiatannya sembahyang dan membakar dupa. Tapi untuk malam ini, belum pasti karena pada tahun sebelumnya sudah jarang dilakukan," jelasnya.

Kapolres Kota Padangsidimpuan, AKBP M Helmi Lubis melalui Ipda Irmanto selaku perwira pengendali posko di sekitar vihara mengatakan, pihaknya menyiapkan tiga regu untuk berjaga dan memonitor sekitar lokasi. Gunanya, kata Irmanto, untuk mengantisipasi terjadinya hal-hal yang tidak diinginkan dan dapat mengancam kekondusifitasan kegiatan serta keamanan.

"Dan ini termasuk rangkaian kegiatan Operasi Liong Toba 2017. Kita berharap perayaan imlek di Kota Padangsidimpuan berjalan aman, tertib dan tanpa ada gangguan yang menonjol," singkatnya.