BIREUEN - Guna mengantisipasi agar tidak menambah kemiringan jembatan Krueng Tingkeum, Kutablang, Bireuen, sebagian kendaraan berbadan sedang mulai dialihkan melalui jalan alternatif lain, Senin (23/1/2017). Jalur alternatif yang telah disurvei oleh tim Balai Besar Pelaksanaan Jalan Nasional (BBPJN) I Dinas PU Aceh itu segera dilintasi kendaran dari dua arah.

Menurut Kabid Bina Marga Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR) Bireuen, Fadli Amir, tujuan pengalihan rute kendaraan, guna mengurangi beban jembatan yang mulai miring akibat pilar bawahnya dihantam tumpukan balok kayu.

Baca: Foto Jembatan Kutablang Roboh Beredar di Medsos Dipastikan Hoax

“Sebagian jalan alternatif itu, sedang diperbaiki beberapa titik yang rusak dan sedang dilakukan pemasangan rambu-rambu penunjuk arah, sehingga memudahkan sopir saat melintas,” kata Fadli.

Menurutnya, jalan alternatif itu bisa dilewati melalui sebelah selatan jembatan Krueng Tingkeum  dan melintasi jalan Tingkeum Manyang, Blang Mee, Pante Baro, dan Gampong Kubu.

Sedangkan kendaraan harus melewati jembatan rangka baja Pante Lhong, lalu ke Simpang Empat Gle Kapai, Peusangan, hingga kembali ke Jalan Medan-Banda Aceh.

“Meski jalannya alternatifnya telah dipersiapkan, kami tetap mengharapkan pengendara dan sopir untuk tetap berhati-hati saat melintasi,” harapnya.

Sementara kendaraan dari arah Banda Aceh, dialihkan melalui jalan sebelah utara jembatan Krueng Tingkeum dalam beberapa hari ke depan dan saat ini sedang ada perbaikan.

“Hingga sekarang ini, jalur alternatif untuk kendaraan dari arah barat sudah disurvei untuk diperbaiki. Pada kedua jalur ini sebagian yang rusak sudah diaspal agar bisa digunakan,” katanya.

Fadli yang didampingi Pejabat Pembuat Komitmen (PPK) PU Aceh Wilayah Bireuen, Amri Mirza mengungkapkan, apabila kedua jalur alternatif  telah berfungsi, maka jembatan Krueng Tingkeum ditutup untuk dibangun baru.

Pantauan GoAceh, hingga tadi siang, sebagian besar truk dan bus berbadan besar masih diperbolehkan melintas jembatan dengan pengawalan ketat personel Satlantas Bireuen serta pemuda Kutablang.

Baca: Dikhawatir Ambruk, Jembatan Kutablang Segera Dibongkar