MEDAN - PT Pertamina (Persero) Marketing Operation Region (MOR) I menggelar peringatan Bulan Kesehatan Keselamatan Kerja (K3) bertemakan "Zero Fatality, Kita Bisa" yang dikemas melalui kegiatan lomba "Pertamina Health Safety Security Environment (HSSE) Warriors" selama dua hari dari Senin hingga Selasa (17/1/2017). Kegiatan ini diselenggarakan untuk memeriahkan peringatan Bulan K3 yang dicanangkan secara nasional bertajuk "Dengan Budaya K3, Kita Tingkatkan Kualitas Hidup Manusia Menuju Masyarakat yang Selamat, Sehat, dan Produktif ".

Acara dibuka oleh Pjs General Manager Pertamina MOR I Barmen Napitu bersama tim manajemem. Barmen menyatakan ‎kegiatan ini menjadi bagian dari upaya kampanye penerapan budaya HSSE dalam bekerja untuk mencegah terjadinya insiden di seluruh lokasi kerja Pertamina, sehingga zero fatality bisa tercapai pada tahun ini dan seterusnya.

"HSSE Warrior ini merupakan sarana sosialisasi, edukasi, praktik penerapan dan tantangan yang berisi aspek-aspek HSSE dalam kegiatan operasional perusahaan sehari-hari. Dengan diselenggarakannya acara ini diharapkan dapat menyentuh aspek HSSE yang menyeluruh, meningkatkan pengetahuan, kepedulian dan keterampilan para pekerja sesuai standar internasional," lanjut Barmen.

Perlombaan berlangsung mencakup beberapa simulasi permainan sepertiwarrior combat (kompetisi kekuatan fisik, konsentrasi, kepercayaan diri mencapai kesuksesan melewati hambatan), how smart areyou (kompetisi pengetahuan dan keterampilan dalam operasi penyelamatan korban), scaffold rescue(keterampilan pemberian pertolongan pertama dengan korban berada di ketinggian), confuse maze(penelusuran labirin dalam ruang terbatas), dan fire fighting (kompetisi pengetahuan dan ketrampilan melakukan operasi pemadaman api).

Kegiatan Pertamina HSSE Warriors tidak hanya diikuti oleh pekerja HSSE Pertamina, namun oleh seluruh lini pekerja Pertamina wilayah Sumbagut di lima provinsi yaitu, Aceh, Sumatera Utara, Sumatera barat, Riau dan Kep. Riau. Peserta harus dapat melalui serangkaian tantangan meliputi pengetahuan teknis HSSE, evakuasi korban di ketinggian, pemadaman kebakaran berbagai skenario, penyelamatan dalam ruang tertutup, serta uji fisik dan mental dalam persiapan penanggulangan situasi keadaan darurat.