PALAS – Keberdaan lapangan Merdeka Sibuhuan sejak dulu sudah menjadi salah satu ikon di Kabupaten Palas (Palas). Sewaktu masih menjadi kecamatan, lapangan ini kerap dijadikan tempat berbagai acara.

Tidak jauh berbeda dengan saat ini setelah mekar, lapangan ini tetap difungsikan baik acara Pemkab Palas sendiri atau kegiatan pihak swasta lainnya. Bahkan saat ini lapangan yang berada di tengah-tengah Sibuhuan ini menjadi taman bermain bagi anak-anak yang difasilitasi pihak ketiga yang dimulai sejak sore hingga malam hari.

Menurut sejumlah warga Lapangan Merdeka Sibuhuan ini sudah layak untuk dijadikan sebagai pusat jajanan malam. Selain tempat itu dianggap strategis, lapangan merdeka juga diyakini dapat mendorong peningkatan Pendapatan Asli Daerah (PAD) ke depan.

Sebagai ibukota pusat pemerintahan yang kini ramai penduduk, tentu membutuhkan sarana dan prasarana jajanan malam. Selama ini pedagang masih berserakan di mana-mana.

Selain menggali PAD, lapangan merdeka juga diyakini akan menjadi lebih tertata. Tidak seperti selama ini pedagang bebas berjualan siang dan malam. Dan bagi keluarga yang hendak bermain bersama anak-anaknya juga disediakan di tempat ini.

“Fungsinya sebagai pusat kegiatan ceremonial pemkab juga tidak akan terganggu, karena pedagang hanya diperbolehkan sore sampai malam saja berjualan,” kata Azhari Hasibuan salah seorang warga saat berbincang di Lapangan Merdeka.

Meski masih banyak yang perlu dibenahi dalam hal infrastrukturnya termasuk fasilitas kamar mandi umum, tempat ini juga diyakini berpotensi menambah PAD dari sektor parkir, pedagang dan lainnya. Masalah keamanan dan kenyamanan, sudah barang tentu aman. Terlebih posisi lapangan merdeka ini tepat di depan Mapolsek Barumun.

“Jadi orang pun tidak bingung lagi kalau mau jajan malam ke lapangan merdeka saja, karena di sekeliling lapangan tersedia berbagai jajanan malam. Ya, pemda juga harus mengarahkan pedagang khususnya jajanan malam ke tempat ini. Kan sudah pasti tertata,” ujarnya.

Seperti di tempat lain, tempat ini juga diyakini akan menjadi tempat positif berkumpulnya kalangan remaja, muda-mudi jika ditata dengan baik. “Kehidupan kota Sibuhuan akan tampak saat malam dengan adanya pusat jajanan malam ini, dan remaja juga tidak dikhawatirkan lagi berkeliaran saat malam sampai masuk ke kebun-kebun,” imbuhnya.

Memang, saat ini sekeliling sampai di dalam lapangan merdeka sudah banyak tampak pedagang. Pihak ketiga yang menawarkan permainan anak seperti odong-odong, rumah balon dan mobil-mobilan juga ada. Bahkan bangku-bangku tersusun rapi sebagai tempat makan minum santai pengunjung pun ada.