BRASTAGI - John Ismadi Lubis terpilih sebagai Ketua Umum Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) Sumatera Utara masa bakti 2017/2021 secara aklamasi pada Musyawarah Provinsi (Musprov) KONI Sumut yang berakhir Sabtu (7/1/2017) sore di Grand Mutiara Hotel Brastagi, Kabupaten Tanah Karo. John Lubis menggantikan posisi Ketua Umum KONI Sumut sebelumnya, H Gus Irawan Pasaribu periode 2012/2016.

Terpilihnya John Lubis setelah pada sidang rapat pleno IV Musprov yang dipimpin Eddy H Sibarani, menetapkan John sebagai calon tunggal berdasarkan laporan dari panitia penjaringan dan penyaringan calon ketua KONI Sumut yang disampaikan melalui Sekum Sakiruddin.

Berdasarkan laporan panitia, John mendapat dukungan 28 Koni Kabupaten/kota dan 48 Pengprov/ badan fungsional. Dukungan John dinilai memenuhi syarat yang ditetapkan yakni minimal  di dukung 25 persen dari KONI Kabupaten/kota, Pengprov/ Badan Fungsional.

John Lubis mengucapkan terima kasih atas kepercayaan yang diberikan kepadanya untuk memimpin KONI Sumut lima tahun ke depan. Menurutnya, kepercayaan ini adalah amanah yang harus dijalankan dengan baik, terutama demi mewujudkan prestasi olahraga Sumut lebih baik di kancah  nasional maupun internasional.

” Saya sangat mengharapkan dukungan dsn kerja sama seluruh pengurus KONI Sumut, KONI Kabupaten/kota, Pengprov dan badan fungsional untuk bahu membahu mewujudkan prestasi olahraga Sumut semakin paten. Karena hanya dengan semangat kebersamaan antara pengurus KONI Sumut dengan seluruh penggiat olahraga, prestasi olahraga pasti berjaya,” ucapnya.

Hal paling penting yang mesti dilakukan pengurus menurut John adalah membenahi sistem organisasi kepengurusan KONI kab/kota secara menyeluruh. Salah satunya adalah melaksanakan kegiatan pelatihan laporan keuangan KONI kabupaten/kota. Dirinya juga mengaku siap transparansi dan akuntabel kepada seluruh pihak, terkait kebijakan program pengurus ke depan.

“Yang tidak kalah penting sebagai program pengurus ke depan adalah pembenahan organisasi dalam rangka pembinaan KONI Kabupaten dan kota. Untuk membenahi organisasi mesti totalitas dan kerja mandiri dalam menyelesaikan segala persoalan internal dan eksternal kepengurusan,” ucap John.

Tantangan KONI Sumut dalam waktu dekat juga sudah harus dilalui. Seperti menyukseskan program Sumut emas pada PON XX/2020 di Papua, dan mewujudkan tekad bersama menjadi tuan rumah PON XXI/2024.

Meski rapat kerja pengurus belum dilaksanakan, John juga sudah menyusun sejumlah program andalan untuk mewujudkan cita – cita program Sumut emas.  Seperti Program atlet berprestasi, pembangunan sarana dan prasarana olahraga, serta peningkatan pengetahuan SDM pelatih dan wasit seluruh cabor.

Sementara H Gus Irawan Pasaribu mengatakan, John merupakan sosok yang tepat untuk memimpin KONI Sumut lima tahun ke depan. Selain pengalamannya di dunia olahraga Sumut tidak diragukan, beliau memang dikenal dekat dengan seluruh pengurus KONI kabupaten/kota, pengprov, KONI pusat bahkan pemprovsu.

“Saya berharap di bawah kepemimpinan John Lubis prestasi olahraga Sumut bisa lebih baik dari sebelumnya. Termasuk bisa mengupayakan agar Sumut menjadi tuan rumah PON 2024.” harapnya.

Sementara Ketua Panitia Musprov Prof Agung S. menjelaskan, susunan kepengurusan KONI Sumut periode 2017/2021 diserahkan pada tim formatur yang diketuai John Ismadi Lubis (Ketum KONI Sumut), dibantu dua anggota yakni Aslinda (Ketua KONI Sibolga) dan Willer Pasaribu (Ketua Pengprov PDBI Sumut). Tim formatur diberi waktu paling lama satu bulan untuk menentukan kepengurusan KONI Sumut lima tahun ke depan.