MEDAN - Memiliki kepedulian terhadap lingkungan sekitar, Koalisi Pemuda Hijau Indonesia (KOPHI) Sumut kerap kali menggelar kegiatan berbau lingkungan. Sekelompok anak muda ini beberapa kali mengadakan sosialisasi lingkungan dan menggelar aksi menanam pohon bakau.

 KOPHI Sumut berdiri sejak 12 Desember 2011 yang diprakarsai oleh mahasiswa Fakultas Kehutanan Universitas Sumatera Utara. Setelahnya banyak mahasiswa dari fakultas-fakultas lain yang ikut bergabung. KOPHI tersebar di berbagai daerah di Indonesia. 

Menurut sekretaris KOPHI, Asriwani Habibah Siregar, KOPHI Sumut tidak hanya menjadi forum komunikasi antara pemuda dan pemudi Indonesia yang mempunyai kepedulian terhadap isu lingkungan. 

"Melalui website KOPHI dan pertemuan-pertemuan yang diadakan, KOPHI juga sebagai fasilitator dalam pengembangan kapasitas mereka dengan workshop, seminar, dan lain sebagainya. Kita juga bekerjasama dengan LSM-LSM dan komunitas hijau," ujar Asriwani kepada GoSumut kamis (5/1/2017).

KOPHI Sumut beberapa kali melakukan sosialisasi tentang tanaman bakau kepada masyarakat di daerah pesisir. Selain mensosialisasikan tentang tanaman bakau, KOPHI juga melakukan aksi tanam 1000 pohon bakau didaerah tersebut.

"Mangrove ini manfaatnya banyak banget, tapi masyarakat sekitar banyak yang kurang peduli. Karena rasa tidak peduli dengan manfaat mangrove, banyak lahan mangrove yang dirusak untuk di jadikan obyek lain," ujar Asriwani.

Saat ini, KOPHI masih belum memiliki agenda. Menurutnya, dalam waktu dekat mereka akan segera menyusun agenda di tahun 2017.

"Dalam waktu dekat, kita baru akan membahas agenda di tahun 2017, sekarang kawan-kawan masih pada sibuk," tutup Asriwani.