MEDAN - Pada hari Sabtu tanggal 31 Desember 2016 bertempat dilapangan KS Tubun Mapolda Sumut dilaksanakan Upacara Kenaikan Pangkat Personil Polda Sumut dan Pelantikan Perwira Alih Golongan (PAG), sebagai Irup Bapak Kapolda Sumut Irjen Pol Rycko Amelza Dahniel dan dihadiri seluruh Pejabat Utama Polda Sumut, Ketua Bhayangkari dan Personil Polda Sumut. Personel yang mengalami kenaikan pangkat setingkat, sebanyak 2.665 personel sejajaran Polda Sumut dinaikkan pangkatnya setingkat yaitu untuk Perwira sebanyak 475 orang, PAG 213 Personil , Bintara 1.875 Personil dan Tantama 106 Personil dengan rincian sebagai berikut : Kombes Pol 2 orang (1 Reguler dan 1 penghargaan).

AKBP Rumida Sianturi,SH (Irbid Bin Itwasda) dan AKBP Roslina (Kabag Pal Ro Sarpras), AKBP 42 personel , Kompol 72 personel , AKP 41 personel, Iptu 298 personel, Ipda 233 personel (PAG 213 dan IPDA Penghargaan 20 ), sedangkan Bintara Aiptu sebanyak 300 personel, Aipda 298 personel, Bripka 586 personel, Brigpol 306 personel, Briptu 381 personel, Bharatu 106 personel.

Kapolda Sumut dalam amanatnya mengatakan kenaikan pangkat bukanlah hak yang melekat pada setiap anggota, tapi merupakan Reward Dari Pimpinan berdasarkan kriteria penilaian yang telah ditentukan, oleh karena itu syukuri anugrah kenaikan pangkat ini dengan sikap tanggung jawab yang lebih dari sebelumnya serta terus berupaya meningkatkan etos dan kualitas kinerja saudara dimanapun bertugas.

Khusus kepada Perwira PAG yang baru saja mengucapkan komitmen Moral anggota Polri, agar bisa menyesuaikan diri dan terus meningkatkan Profesionalitas dan kapasitas seorang perwira sebagai Manager tingkat pertama di lapangan atau First Line Supervisor.

Tuntutan tugas ke depan di tahun 2017 akan semakin kompleks dan lebih dinamis, problematika sosial yang akan kita hadapi juga semakin berkembang seiring dengan perkembangan teknologi, transpotasi dan media informasi serta laju pertumbuhan jumlah penduduk, dan akan berkontribusi langsung terhadap meningkatnya angka kriminalitas serta berkembangnya kerawanan sosial, plus ancaman teroris.

Saat ini kita masih melaksanakan operasi Lilin Toba 2016, dalam rangka Pam Hari Raya Natal 2016 dan Tahun Baru 2017, sejauh ini pelaksanaan operasi Lilin Toba berjalan dengan aman dan lancar, dan saya berharap Saudara- saudara dapat kembali bertugas dengan semangat baru sesuai ploting personil yang sudah ditentukan.

Syukuri Dan Maknai Anugerah Kenaikan Pangkat Ini Sebagai Rahmat Dan Kasih Sayang Dari Allah SWT, Tuhan Yang Maha Esa, tingkatkan kinerja dan rasa tanggung jawab dalam tugas, karena kenaikan pangkat merupakan Reward dari pimpinan atas penilaian prestasi kerja. Pangkat dan Jabatan yang kita sandang bukanlah segala- galanya, karena yang dinilai Tuhan adalah keikhlasan kita dalam bertugas yang didambakan masyarakat adalah rasa aman dan nyaman dalam melaksanakan aktivitas sehari- hari.

Mari kita sambut Tahun Baru 2017 dengan semangat baru untuk meningkatkan kualitas kinerja dan memberikan pelayanan yang terbaik kepada masyarakat. 2016 pukul 07.30 Wib dilapangan KS.Tubun Mapolda Sumut.

Perwakilan Kenaikan Pangkat dan Pelantikan Perwira Alih Golongan dari Bintara ke Perwira adalah sebagai berikut :

1. Kompol Herzoni Saragih, SIK naik pangkat menjadi AKBP
2. AKP Arifin Fachreza,SH,SIK naik pangkat menjadi Kompol
3. IPTU Nur Wakid naik pangkat menjadi AKP
4. IPDA Maruli Tua,S.S.pd naik pangkat menjadi IPTU
5. AIPDA Deden Suryadi naik pangkat menjadi AIPTU
6. Bripka Kalpin Ginting naik pangkat menjadi AIPDA
7. Brigpol M. Hendra Siregar naik pangkat menjadi Bripka
8. Briptu Wiwitami,SH naik pangkat menjadi Brigpol
9. Bripda Abdi Azkhari Butar-Butar naik pangkat menjadi Briptu
10. Bharada Feberyanto Zai naik pangkat menjadi Bharatu
11. Aiptu Pordinan Sagala perwakilan dari PAG.

Untuk kenaikan pangkat Personil Terhitung Mulai Tanggal (TMT) 01-01 2017 yang bertugas di Kewilayahan akan dilantik oleh Kapolres/tabes di Polres masing- masing.