MEDAN - Sumatera Utara (Sumut) dikenal sebagai daerah yang memiliki sentra kuliner andalan dan menjadi ciri khas sebuah daerah. Kota Medan dikenal sebagai sentra makanan soto Medan, lontong Medan, bika Ambon, bolu gulung dan Ucok durian. Kota lainnya yang juga memiliki penganan ciri khas ada di luar Kota Medan seperti Serdang Bedagai, Tebing Tinggi, Pematang Siantar dan kota lainnya.

Menurut Jufri, warga Jakarta yang singgah di Kota Sipirok, Kamis (29/12/2016) setiap kali singgah di kota ini ia pasti akan membeli sambal taruma dan kue lapan-lapan sebagai buah tangan.
 
"Tidak hanya makanan, saya juga beli kerajinan khas Sipirok dengan manik-manik ya seperti tas, tempat pulpen atau tempat tissue," katanya.
 
Kota Sipirok yang menjadi perbincangan kita di musim liburan akhir tahun dan merayakan Tahun Baru 2017. Sipirok adalah salah satu daerah di Kabupaten Tapanuli Selatan yang berada sangat dekat dengan Kota Padangsidimpuan dan Kota Tarutung, Tapanuli Utara.
 
Saat berada di kota berhawa sejuk dan dingin ini, kita bisa memilih makanan yang rasanya sangat pas di lidah. Urusan makan siang atau malam, di kota ini ada beberapa rumah makan yang menyediakan sayur daun ubi tumbuk dan gulai ikan sale.
 
Kota ini juga sering menjadi tempat persinggahan taksi atau bus dari Penyabungan atau dari Padangsidimpuan menuju Medan atau kota-kota lain di Sumut yang melintasi kota ini.
 
Kalau sudah singgah atau punya kesempatan mengunjungi Sipirok, pastikan Anda sudah menikmati penganan sambal taruma atau kue lapan-lapan yang rasanya sangat manis.
 
Sambal taruma adalah keripik ubi yang cara makannya dioleskan ke sambal yang sudah diikatkan satu bungkus dengan keripik ibunya. Saat makan keripik ubi dengan sambalnya yang sedikit pedas, ujung lidah akan merasakan sensasi pedasnya. "Sambal taruma enak dimakan saat duduk bersama kawan-kawan atau keluarga," pungkas Jufri.
 
Rasa sambal taruma sangat jauh berbeda dengan rasa kue lapan-lapan yang diolah dari beras ketan, diadon kemudian digoreng dengan bentuk angka 8, setelah digoreng diaduk dengan tepung gula putih yang sudah dimasak.
 
Kota Sipirok juga punya objek wisata andalan, yaitu pemandian air panas dan bukit Simagomago yang bisa memandang Kota Sipirok dari ketinggian. Sipirok juga dikenal sebagai kota yang sangat menghargai perbedaan dan menjunjung tinggi kebersamaan dalam keberagaman.
 
Kalau sudah melewati kota ini dan kembali ke aktifitas sehari-hari, jangan bercerita banyak hal kalau belum merasakan makanan khasnya, sambal taruma dan kue lapan-lapan.