DELI  SERDANG - Bandara Internasional Kualanamu, Deli Serdang, Sumatera Utara (Sumut) mencatat peningkatan penumpang saat Natal 2016 sebesar 2 persen atau 570 penumpang dari tahun 2015, yakni sebesar 27.475 orang menjadi 28.045 penumpang.

Branch Communication and Legal Manager Bandara Kualanamu, Wisnu Budi Setianto menuturkan, meskipun mengalami peningkatan sebesar 2 persen, namun Bandara Kualanamu tidak terlihat adanya kepadatan penumpang dibanding hari sebelumnya. Bahkan sejauh ini, belum terlihat adanya lonjakan penumpang menjelang Tahun Baru 2017.

"Untuk libur Natal 2016 dan Tahun Baru 2017 dari kelima maskapai menambah menambah jadwal penerbangan di Bandara Kualanamu. Kelima maskapai itu adalah JetStar, Citilink, Sriwijaya Air, Lion Air dan Batik Air, ada 22 penambahan jadwal penerbangan untuk rute internasional dan domestik. Silk Air menambah empat kali jadwal penerbangan ke Singapura dan Sriwijaya Air menambah satu kali jadwal penerbangan ke Penang," jelas Wisnu.

Selain itu, lanjut Wisnu, penerbangan di rute domestik seperti Citilink menambah sebanyak empat kali, Sriwijaya Air satu kali, Lion Air enam kali dan Batik Air sebanyak empat kali ke Bandara Soekarno Hatta, Jakarta. Sementara untuk keamanan, pihak Bandara Kualanamu menggandeng berbagai instansi.

“Baik unsur TNI, Polri, Pemda, Otoritas Bandara dan stakeholder Bandara Kualanamu. Sehingga dengan adanya Posko Terpadu diharapkan bisa memberi keamanan dan kenyamanan bagi pengguna jasa bandara dan jasa penerbangan," tutupnya.