MEDAN - Aktivitas di sejumlah loket pengangkutan Antar Kota Dalam Provinsi (AKDP) di kawasan Jalan SM Raja KM 6,5 Medan Amplas, berjalan normal pada hari natal 2016.

Seperti di loket pengangkutan Koperasi Bintang Tapanuli (KBT) Minggu (25/12/2016). Di loket AKDP yang melayani penumpang tujuan Kota Tarutung, Tapanuli Utara (Taput), dan sekitarnya ini, mengalami penurunan secara drastis, jika dibandingkan sehari sebelum hari Natal yakni Sabtu (24/12/2016).

"Lonjakan penumpang akan kembali terjadi pada (28-31/12/2016) yang akan datang.  Memang setiap tahun selalu seperti ini. Kalo tanggal 25 Desember itu gak ada lonjakan penumpang," kata salah seorang agen pengangkutan, Sangat. 

Namun, ia mengeluhkan kondisi perekonomian yang terjadi tahun ini. Dimana penghasilannya drastis menurun. "Jika dibandingkan dengan tahun sebelumnya, 65 persen menurun ini jumlah penumpang di sini," keluhnya sembari mengatakan armadanya hanya lima unit yang diberangkatkan kemarin.  

Hal senada juga disampaikan Sihombing, salah seorang pegawai AKDP KBT. Ia menyebutkan, kendati penumpang mengalami lonjakan kemarin, akan tetapi lonjakan tersebut tidak sebanding dengan tahun lalu. Begitu juga dengan hari ini.

"Mulai pukul 04.00 dini hari tadi, hanya 10 unit armada kami yang berangkat. Padahal biasanya sampai 20 armada yang berangkat," sebutnya. 

Sebelumnya, melonjaknya jumlah penumpang tujuan Kota Tarutung dan sekitarnya pada 24 Desember 2016 kemarin menyebabkan sejumlah angkutan ke wilayah tersebut terpaksa menyiapkan armada tambahan.

Pantauan di loket KBT, tampak beberapa penumpang menunggu diberangkatkan ke wilayah Kota Tarutung dan sekitarnya.