BATANG - Libur panjang akhir tahun ini tak disia-siakan oleh para perantau di Jakarta untuk pulang kampung ke Jawa Tengah dan sekitarnya. Dan seperti biasa, kemacetan menghadang. Momen Natal dan Tahun Baru bertepatan dengan libur anak sekolah. Bisa ditebak, bila para perantau berbondong-bondong mudik ke kampung halaman.

Pada Idul Fitri beberapa waktu, penumpukan kendaraan terjadi di "Brexit" alias gerbang tol Brebes Exit. Nah liburan akhir tahun kali ini, Brexit lancar. Kemacetan justru terjadi di sekitar Batang menjelang Alas Roban.

"Dari setelah Magrib kemarin jalanan macet. (Kemacetan) ini sampai Subah, Mas," kata Surati, pedagang dadakan di Masjid Albarokah, Batang, Sabtu (24/12/2016).

Beberapa pemudik memilih beristirahat di masjid. Jalanan dari Jakarta sebenarnya relatif lancar.  Berangkat dari Bekasi pukul 00.16 WIB dan keluar di "Brexit" pada pukul 04.48 WIB. Namun, banyaknya lubang kecil di jalanan Pantura membuat pengendara berhati-hati dan memperlambat laju kendaraan. Belum lagi truk yang melintas beriringan. Kendaraan pun tak bisa dipacu maksimal.

Pukul 08.38, lalu lintas kendaraan yang melintas di depan Masjid Albarokah mulai lancar. Para pemudik satu per satu meninggalkan masjid dengan gerbang berwarna hijau itu menuju kampung halamannya.