BELAWAN - Polres Pelabuhan Belawan melakukan penjagaan ke lokasi gereja dan vihara yang ada sejak Jumat 23 Desember 2016. Kegiatan tersebut dilaksanakan dalam rangka operasi Lilin Toba 2016 yang dilaksanakan Polres Pelabuhan Belawan. Kapolres Pelabuhan Belawan AKBP Yemi Mandagi, SIK mengatakan, penjagaan gereja dan vihara sejak 23 Desember 2016 dilakukan untuk mencegah terjadinya gangguan kamtibmas dan aksis intoleransi maupun aksi terorisme.

Menurut Mandagi, hal tersebut dilakukan sesuai dengan kebijakan Kapolda Sumut dalam rangka pengamanan perayaan Natal dan Tahun Baru 2016 yang dilaksanakan dalam Operasi Lilin Toba 2016.

Kapolres Pelabuhan Belawan menambahkan, penjagaan terhadap gereja dan vihara dilakukan dengan dua cara yaitu dengan penjagaan melekat dan patroli. Penjagaan melekat dilakukan pada gereja – gereja yang melaksanakan kegiatan ibadah, sementara untuk gereja yang tidak melaksanakan kegiatan ibadah maupun vihara, dilakukan patroli rutin oleh Polsek sejajaran Polres Pelabuhan Belawan.