JAKARTA - Kabar yang beredar di media sosial menuding uang Rupiah baru mirip dengan uang kertas Yuan Cina. Menanggapi tudingan itu, anggota Komisi XI DPR RI Mukhamad Misbakhun membantahnya.

"Saya sudah menyaksikan uang aslinya, dan tidak melihat ada upaya Bank Indonesia dan pemerintah untuk memiripkannya," kata Misbakhun di sela-sela kegiatan reses di Gedung Panti Budaya Kota Probolinggo, Kamis (22/12).

Dikatakan Misbakhun, desain uang ini sudah dilakukan kajian yang lama oleh Bank Indonesia bersama pemerintah kemudian penerbitan emisi baru ini untuk melakukan penyegaran, sehingga upaya penyegaran ini untuk memperkuat mata uang rupiah sebagai simbol nilai tukar NKRI.

Jadi, sekali lagi Misbakhun secara pribadi tidak melihat ada kemiripan, karena gambar-gambarnya khas pahlawan Indonesia yang mewakili kelompok masyarakat, tokoh agama, dan ini sebagai upaya bagian menjaga NKRI.

"Saya meyakinkan kepada masyarakat bahwa ini tidak ada kemiripan. Ini karya terbaik putra-putra Indonesia. Dan, ini mencerminkan mata uang kesatuan RI. ***