JAKARTA - Kapolri Jenderal Polisi Tito Karnavian pagi ini, Kamis (22/12/2016) memimpin apel gelar pasukan Operasi Lilin 2016 di Silang Monas, Jakarta Pusat.

Dalam amanatnya, jenderal bintang empat ini sempat menyinggung beberapa peristiwa yang terjadi belakangan hingga menganggu stabilitas keamanan.

Beberapa di antaranya yakni soal aksi sweeping terkait fatwa MUI yang dilakukan oleh ormas di beberapa daerah hingga adanya gangguan kamtibnas saat ibadah Natal di wilayah Bandung, Jawa Barat.

"Sebelum Operasi Lilin 2016, sudah terjadi beberapa dinamika seperti gangguan ibadah di beberapa tempat, di antaranya Bandung. Ini jadi perhatian bersama," kata Tito Karnavian.

Untuk itu, Tito Karnavian meminta semua pihak agar bersinergi sehingga pengamanan Natal dan Tahun Baru 2017 bisa berjalan aman, damai, dan hikmat.

Tito Karnavian juga mengingatkan seluruh jajarannya mengedepankan pendekatan yang soft selama rangkaian pengamanan Natal dan Tahun Baru 2017.

Jika diperlukan, upaya penegakan hukum juga harus diterapkan, utamanya untuk sweeping demi menunjukkan eksistensi negara dalam melindungi masyarakat.

"Saya minta pada rekan yang melaksanakan operasi eratkan hubungan antara pihak terkait dalam pengamanan. Setelah itu identifikasi tiap wilayah apa saja kerawanan segera lakukan langkah proaktif dan sekaligus langkah hukum jika diperlukan," tegas mantan Kapolda Papua itu.