TAMORA– Gubernur Sumatera Utara, T Erry yang menyerahkan tunggul kepada Kecamatan Tanjungmorawa yang berhasil meraih prestasi sebagai Kecamatan terbaik tingkat Sumatera Utara tahun 2016. Penunjukan sebagai Kecamatan terbaik tersebut, berdasarkan Keputusan Gubernur Sumatera Utara Nomor 188.44/678/KPTS/2016.

Acara penyerahan Tunggul Kecamatan Terbaik tingkat Sumut tahun 2016 dihadiri Bupati Deliserdang H Ashari Tambunan,Wakil Bupati Deliserdang H Zainuddin Mars, Ketua dan Wakil Ketua TP PKK Deli Serdang Ny Hj Yunita Ashari Tambunan dan Ny Hj Zainuddin Mars, Walikota Medan H T Zulmi Eldin bersama Bupati/Walikota se Sumatera Utara ,Unsur DPRD, Unsur FKPD Sumatera Utara dan Kabupaten Deliserdang .

Pada kesempatan itu, Erry mengungkapkan, Gubernur sebagai wakil Pemerintah Pusat mempunyai tugas melakukan monitoring, evaluasi dan supervisi terhadap penyelenggaraan pemerintahan daerah Kabupaten/Kota diwilayahnya.

Dalam konteks Kecamatan, tugas Gubernur setiap tahun anggaran Pemprovsu membentuk tim penilaian kecamatan terbaik yang berfungsi mengevaluasi kinerja Camat dalam praktek pelayanan publik yang disediakan Pemerintah Daerah kepada masyarakat.

“Dengan memperhatikan kondisi geografis Provinsi Sumut, peran Kecamatan wajib di optimalkan , karena itulah tidak akan bosan dan tidak akan pernah lupa mengingatkan para Bupati/ Walikota dan para Camat untuk melakukan percepatan pelaksanaan PATEN sebagai upaya langkah maju di bidang pelayanan publik,”ungkapnya.

Dan tentunya sebagai syarat utama penerapan PATEN dimaksud harus diawali adanya pelimpahan kewenangan Bupati/Walikota (Pasal 225 ayat (1) yang dilakukan berdasarkan pemetaan pelayanan publik yang sesuai dengan karakteristik Kecamatan dan/atau kebutuhan masyarakat pada Kecamatan yang bersangkutan.

Selain penyerahan tunggul, yang dilaksanakan di Lapangan SMA Negeri I Tanjung Morawa, Selasa (20/12) , juga diserahkan penghargaan, trophy, bantuan untuk dana pembinaan sebesar 30.000.000 serta UUDP Juara Kabupaten Rp3.000.000.

Penyerahan tunggul kecamatan terbaik diterima Camat Tanjungmorawa, H Timur Tumanggor disusul juara II diterima Camat Tanjung Balai Selatan Kota Tanjung Balai, Pahala Zulfikar , Juara III diterima Camat Medan Amplas Kota Medan Zulfakhri Ahmadi.

Sementara, Juara Harapan I diterima Camat Sayur Matinggi Tapsel AM Fadhil Harahap, Camat Lotu Nias Utara Bazatulo Zalukhu dan harapan III Camat Binjai Kabupaten Langkat Mahardhika Sastra Nasution. Juga penghargaan diberikan kepada 25 Kecamatan pemenang lomba di tingkat Kabupaten/ Kota se Sumatera Utara menerima piagam dan UUDP.

Penghargaan juga di berikan kepada Danramil 16 Tanjungmorawa, Mayor Inf Robert Sinaga dan Kapolsek Tanjungmorawa, AKP Viktor Siagian. Selain itu dilakukan penyerahan bantuan bibit padi kepada penangkar dan Gapoktan, bibit jagung dan mesin pemipil jagung, bibit Cabe dan manga kepada Kelompok tani.

Atas penyerahan penghargaan itu, Bupati H AshariTambunan yang berbicara atas nama Pemkab dan Masyarakat menyampaikan apresiasi kepada Gubsu beserta tim penilai kecamatan atas evaluasi dan pembinaan yang dilakukan.

“Saya berharap agar jangan berpuas diri, namun penghargaan yang diterima dijadikan motivasi untuk melakukan yang terbaik.