PADANG LAWAS - Pelaksanaan Pemilihan Kepala Desa (Pilkades) serentak di Palas sudah membuahkan hasil. Nama-nama yang dinyatakan menang sudah masuk ke Badan Pemberdayaan Masyarakat dan Pemerintahan Desa (Bapemmas dan Pemdes) Palas. Tercatat, hanya 42,5 persen cakades petahana atau incumbent yang menang. “Memang banyak kalah yang incumbent," kata Agus Salim Nasution, Kabid Pemdes pada Bapemmas Pemdes Palas kepada GoSumut Selasa (20/12/2016).

Dari 42,5 persen itu, menggambarkan kades petahana yang berhasil merebut jabatan puncak di desa itu hanya 45 orang. Padahal, desa yang ikut Pilkades serentak mencapai 106 desa. 

"Memang tidak semua kepala desa yang sudah habis masa jabatan ikut mencalon. Ada juga beberapa desa, yang tercatat semua cakadesnya merupakan orang baru, atau ikut mencalonkan diri tapi tidak berhasil waktu itu," terangnya.

Dari data yang diperoleh, petahana yang banyak kalah terdapat di Kecamatan Sosa. Dari 21 desa yang ikut Pilkades, hanya delapan incumbent yang menang. Di Kecamatan Huristak, incumbent yang menang tiga orang dari pelaksanaan pilkades sebanyak tujuh desa. 

Kemudian, di Kecamatan Ulu Barumun, memang berbeda. Tiga desa yang menggelar Pilkades di kecamatan ini, semuanya dimenangkan incumbent. Tapi, di Kecamatan Barumun Selatan dan Kecamatan Sihapas Barumun, seluruh cakades incumbent harus menerima kekalahannya.

Diketahui, di Kecamatan Barumun Selatan, ada dua desa yang menggelar Pilkades, yakni Desa Panarian dan Banua Tonga. Sementara, di Sihapas Barumun ada empat desa, yakni Desa Sitada-tada, Lubuk Gonting, Padang Hasior Lombang dan Silenjeng. 

Kecamatan Barumun juga terlihat banyak dimenangkan incumbent. Ada sebanyak 13 desa yang menggelar Pilkades, 11 cakades petahana kembali memenangkan pertarungan. Di Kecamatan Lubuk Barumun, incumbent yang menang juga mencapai 3 orang dari seluruh desa yang melaksanakan Pilkades sebanyak 5 desa. 

Yang paling banyak incumbent gagal di Kecamatan Batang Lubu Sutam. Dari 14 desa yang ikut Pilkades serentak, sebanyak 10 incumbent harus merelakan kursi jabatannya ditempati petarung baru.

Kecamatan Barumun Tengah juga hampir sama dengan Kecamatan Batang Lubu Sutam. Dari 13 desa yang menggelar Pilkades, cakades petahana yang menang cuma delapan orang. Dan, Kecamatan Sosopan, enam desa yang menggelar Pilkades, incumbent hanya menang di satu desa. 

Kecamatan Aek Nabara Barumun juga mengukirkan sejarah, incumbent banyak yang gagal. Dari sebanyak tujuh desa, empat desa dimenangkan petarung baru. Satu lagi, Kecamatan Hutaraja Tinggi, dari 11 desa yang ikut Pilkades, hanya empat cakades petahana yang kembali duduk di jabatannya. 

Agus Salim mengatakan, rekapitulasi perolehan suara Pilkades ini akan di-SK-kan pemenangnya. Kemudian, akan dilantik pada 27 Desember mendatang.