PEMATANGSIANTAR - Dalam rangka keamanaan menyambut Natal dan Tahun Baru 2017, Forum Koordinasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) menggelar pertemuan bersama di Siantar Hotel, Jumat (16/12/2016)

Dalam pertemuan yang digagas oleh Badan Kesatuan Bangsa Politik dan Perlindungan Masyarakat (Kesbangpolinmas) Kota Pematangsiantar ini Forkompimda menjelaskan hal-hal apa yang penting diantisipasi sehingga perayaan Natal dan Tahun Baru 2017 kondusif.

Wakapolres Pematangsiantar, Kompol Wiamin, menyampaikan dalam rangka Natal dan Tahun Baru 2017, pihaknya akan mengelar Operasi Lilin yang akan melibatkan lintas sektoral dan elemen masyarakat.

Menurutnya, sebagai institusi yang harus memberikan kenyamanan dan keamanan sekaligus mengantisipasi kerawanan tindak kriminal di tengah masyarakat, pihaknya akan memfokuskan operasi pada aspek Tempat, Orang dan Benda.

Wakapolres merinci lebih jauh contoh ketiga sasaran operasi dimaksud, yakni benda yang menyangkut tempat-tempat wisata, pasar, jalanan, mall, Orang yang menyangkut penjual, pembeli, pengunjung, wisatawan serta aspek Benda yang menyangkut rumah yang ditinggal karena mudik, harta benda maupun kendaraan warga.

“Hal-hal ini menjadi prioritas yang harus melibatkan kita semua, karena personil kami sangat terbatas. Apalagi, kami dari kepolisian juga harus mengamankan objek-objek vital seperti SPBU maupun kelancaran arus lalu lintas,” katanya.

Plt Sekda Kota Pematangsiantar, Reinward Simanjuntak menyampaikan mengharapkan partisipasi dan kerjasama semua pihak untuk segera mengantisipasi berbagai isu-isu yang berpotensi mengganggu stabilitas keamanan dan ketertiban, khususnya menjelang Natal dan Tahun Baru.

 “Perlu diantisipasi berbagai kemungkinan. Karena itu, saya mengharapkan kerjasama kita semua, demi terciptanya kekondusifan di Kota Pematangsiantar yang kita cintai ini,” pungkasnya.