PADANG LAWAS - Menjelang natal Tahun 2016 dan menyambut Tahun baru 2017, pihak Polisi Resort (Polres) Tapanuli Selatan (Tapsel) yang membawahi wilayah hukum Kabupaten Tapanuli Selatan (Tapsel), Padang Lawas Utara (Paluta) dan Kabupaten Padang Lawas (Palas) rencanakan apel bersama di Bin 7 Batang Toru. “Recana kita, apel bersama itu akan dilaksanakan pada hari Jumat (23/12/2016) depan,”ungkap Kabag Ops Polres Tapsel AKP Rahmat Affandi kepada GoSumut Jumat (16/12/2016). Dikatakannya, selain akan diikuti seluruh personel Polres Tapsel, direncanakan pihaknya akan mengundang Bupati Tapsel, Paluta dan Palas.

“Tujuannya, supaya ketiga kepala daerah itu secara bersama-sama menyaksikan bahwa pihak kepolisian akan berupaya semaksimal mungkin meningkatkan keamanan dan ketertiban diwilayah mereka masing-masing menjelang natal dan menyambut tahun baru,”ungkap mantan Kapolsek Batang Toru itu.

Dijelaskan, rencana lokasi-lokasi yang akan mendapatkan pengamanan  terasuk tempat hiburan dan rekreasi, pengamanan gereja dan pengamanan lalu lintas yang sifatnya merupakan siaga satu.

“Terkait dengan jumlah personel yang akan ditugaskan belum tahu pastinya, yang jelas seluruh personel Polres Tapsel tanpa terkecuali akan bertugas menjadi pengamanan dan ketertiban jelang natal dan tahun baru,”terang Perwira yang sebentar lagi akan naik pangkat jadi Kompol itu.

Sesuai Instruksi Bapak Kapolri kata Affandi, pihaknya juga melakukan koordinasi dengan semua stakeholder terkait seperti FKUB (Forum Kerukunan Umat Beragama), MUI (Majelis Ulama Indonesia), dan PGI (Persekutuan Gereja-Gereja di Indonesia).

Mengingat Natal adalah hari besar agama untuk umat Kristiani, sehingga harus diamankan. Untuk itu, lanjut Affadi, semua upaya untuk mengembangkan toleransi ini akan terus dijalankan dengan melibatkan ormas-ormas Islam, MUI, maupun tokoh-tokoh agama dan masyarakat, sehingga tidak terjadi gejolak.