JAKARTA - Cibiran dan candaan menanggapi tangisan Ahok yang diduga menistakan agama dalam persidangan perdana hari ini terus menghobahkan media sosial.

Bahkan meme-meme baru juga bermunculan. Dari pantauan GoNews.co, dari beberapa akun facebook dan twitter, banyak yang melihat Ahok hanya mencari perhatian di persidangan.

"Akh itu pura-pura saja, air mata buaya tuh, pak hakim jangan terpengaruh ya," tulis akun Edison di akun facebooknya, Selasa (13/12/2016) siang.

Tak sedikit yang menganggap tangisan Ahok tersebut palsu dan hanya sebagai akting di persidangan.

"Air mata buaya itu, bohong dia. Orang suka bohong ya begitu," tegas massa aksi yang berada di depan Pengadilan Negeri Jakarta Utara, Selasa (13/12/2016).

Sementara itu, Sekjen Forum Umat Islam, Muhammad Al Khaththath mengatakan betapa lucunya Ahok saat menangis di dalam persidangan, tetapi tetap membela dirinya.

"Dia bilang badannya lebih kuat daripada TNI/Polri, tapi disidang nangis. Kuat sebelah mana?" kata dia.

Sebelumnya, Gubernur nonaktif DKI Jakarta Basuki Tjahaja Purnama atau Ahok meneteskan air mata saat membacakan nota keberatan atas dakwaan penistaan agama Jaksa Penuntut di Pengadilan Negeri Jakarta Utara, Jalan Gajah Mada, Jakarta Pusat, Selasa (13/12/2016).

Ahok tak kuasa menahan kesedihan kala menceritakan bagaimana dirinya dibesarkan oleh keluarga muslim asal Bugis, (alm) Andi Baso Amier dan (almh) Masaribu Aba bin Aca.

Ahok yang mengenakan batik kuning motif hitam mulanya menceritakan latar belakang dirinya mengutip Surat Al Maidah ayat 51 di Kepulauan Seribu, ucapan yang membuatnya kini duduk di kursi terdakwa kasus penistaan agama.

Ia menegaskan, tak ada niat sedikit dirinya untuk menistakan kitab suci umat muslim, Al Quran, apalagi agama Islam. Ucapan itu terlontar karena dirinya kerap mendapat 'serangan' dari oknum politikus yang menggunakan Surat Al Maidah ayat 51 karena tidak ingin bersaing secara sehat dalam pilkada.

Ahok pun sadar, bahwa ada tutur bahasa darinya yang tidak sesuai saat itu. "Ada ungkapan, bahwa hanya Allah atau Tuhan yang tahu apa maksud ucapan seseorang," ucap Ahok. ***