PADANG LAWAS-Hasil fasilitasi program desa tangguh bencana diseminarkan oleh Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Padang Lawas (Palas) di Aula Hotel Barumun, Sibuhuan Kamis (8/12/2016). Ketua Panitia Drs Ali Aceh kepada GoSumut mengatakan kegiatan seminar merupakan menyampaikan hasil informasi capaian program desa tangguh bencana yang ada didesa Hulim Kecamatan Sosopan dan desa Hapung Kecamatan Sosa.

“Peserta seminar berjumlah50 orang terdiri dari BPBD Propinsi Sumatera Utara, BPBD Palas, SKPD terkait kebencanaan, LSM dan Perguruan Tinggi. Pemerintahan desa,  fasilitator Desa tangguh Bencana,  dan Pokja pengurangan resiko bencana desa,”terangnya.


Dikatakan, sasaran seminar akan memberikan pemahaman dan pengakuan hasil kerja masyarakat desa oleh pemegang kepentingan di kabupaten dalam hal ini BPBD,  selanjutnya dukungan kelanjutan peningkatan kapasitas pembangunan didesa oleh pemegang kepentingan di kabupaten termasuk lembaga usaha.

“Untuk mencapai keberhasilan, program desa tangguh bencana ini akan diupayakan untuk ditingkatkan di tahun 2017. Kalau tidak tidak diulang-ulang maka diyakini masyarakat yang sudah diberikan pelatihan maka ilmunya akan cepat hilang,”jelas Pria yang menjabat Pencegahaan dan Kesiapsiagaan BPBD Palas itu.

Bupati Palas H Ali Sutan Harahap melalui Sekretaris BPBD Palas Jusri Hatta Halomoan mengucapkan terimaskasih kepada seluruh panitia, narasumber, fasilitator dan seluruh peserta seminar atas kesediannya untuk mengikuti acara mulai dari acara pelatihan sampai kegiatan penutupan dengan agenda seminar.

“Kita yakin penanganan resiko bencana akan dapat diperbuat secepat mungkin apabila betul-betul mengikuti program desa tangguh bencana yang dilaksanakan oleh BPBD Palas ini,”ungkapnya.

Selain itu kata Jusri, relawan desa tangguh bencana daerah Kabupaten Palas akan dapat berjalan lancar dan optimal dalam menambah kemampuan para relawan lewat pelatihan dan diakhiri dengan seminar program.