MEDAN - Palang Merah Indonesia (PMI) Sumatera Utara akan mengirimkan truk tanki air dan ambulance untuk warga Aceh yang terdampak musibah bencana gempa. Ketua PMI Sumut, Rahmat Shah mengaku sudah standby untuk mengirimkan bantuan ke Pidie Jaya. PMI mengirimkan sejumlah bantuan seperti tanki air bersih dan ambulance karena sangat dibutuhkan ketika terjadi bencana.

"Biasanya yang dibutuhkan tanki air dan ambulan. Mudah-mudahan truk tangki air ini nantinya bisa digunakan untuk minum, shalat, mandi, dan lainnya. Ada juga kita kirimkan ambulance serta sejumlah logistik lainnya," ujar Rahmad Shah kepada wartawan, Rabu (7/12/2016).

Dia mengakui akses di daerah bencana gempa cukup sulit dijangkau. Apalagi mengingat sejumlah kerusakan yang terjadi. Namun tim PMI Sumut akan mengupayakan agar semua bantuan dapat sampai ke lokasi.

"Ada belasan tim dan relawan yang dikirim ke sana. Anak-anak di lapangan sudah tau, sampai batas mana bisa dijangkau. Kalau akses jalannya sulit, kita pakai motor. Tapi biasanya truk ada jalan kusus yang bisa dilalui. Yang penting kita usahakan agar semua bantuan tiba dengan selamat," bebernya.

Seperti diketahui, Gempa berkekuatan 6,4 pada skala Richter (SR) mengguncang wilayah Meulaboh, Kabupaten Aceh Barat, Provinsi Aceh dan sekitarnya pada pagi ini, Rabu (7/12/2016). Gempa yang terjadi subuh sekira pukul 05.03 tersebut telah menyebabkan kerusakan parah di Kabupaten Pidie Jaya, DI Aceh.