MEDAN - Bantuan demi bantuan terus mengalir kepada korban bencana alam gempa bumi di Aceh Pidie Jaya. Kali ini, Himpunan Perawat Gawat Darurat dan Bencana Indonesia (HIPGABI) Sumut mengaku turut terpanggil untuk membantu para korban bencana gempa bumi tersebut. Ketua HIPGABI Sumut Dudut Tanjung mengutarakan, pihaknya memberangkatkan tiga perawat bencana dan dua perawat umum dengan menggunakan angkutan darat ke lokasi bencana.

"Di sana tim ini akan langsung memberikan bantuan perawatan kegawatdaruratan, seperti merawat luka, menangani patah tulang, memberikan support pada cidera, mengatasi perdarahan, transportasi dan evakuasi korban," jelas Dudut, Rabu (7/12/2016) sore ketika dihubungi.

Selain menyumbangkan tenaga, tim ini sambung dia, juga akan memberikan bantuan alat-alat kesehatan seperti kasa luka, peralatan infus, perban, arm sling (penyanggah patah tulang lengan), mitela (pembalut), neck collar (penyanggah patah tulang leher), obat perawatan luka dan lainnya.

"Direncanakan tim yang akan membantu korban sampai 3 atau 5 hari. Selanjutnya, kemungkinan akan bergantian dengan HIPGABI dari provinsi lainnya sesuai dengan kondisi di lapangan," tegasnya.