LANGKAT - Dharma Wanita Persatuan (DWP) Kabupaten Langkat mengadakan kegiatan peduli lingkungan dengan menanam pohon di 4 sekolah di Langkat, Sabtu (3/12/2016). 4 Sekolah yang dimaksud, yakni RA. Al Khairyah Desa Pantai Gemi, MAN 1 Stabat , SD 050671 Kampung Gohor Kecamatan Wampu dan SMPN 3 Hinai. Bersama dengan seluruh guru dan siswa di 4 Sekolah tersebut, Ketua DWP Langkat Ny. Hj. Roro Endang Salahudin menanam pohon secara bersama-sama dilingkungan sekolah masing-masing. Khusus di MAN 1 Stabat, Ny. Endang Salahudin bersama pengurus lainnya meninjau langsung pameran hasil karya seni para siswa MAN 1 Stabat.

Ketua DWP Langkat Ny. Enda Salahudin mengatakan bahwa kegiatan ini adalah upaya DWP Langkat dalam menggelorakkan semangat cinta terhadap lingkungan dan kebersihan di Langkat.

“Sebagai  mitra Pemerintah Daerah, DWP Langkat akan mendukung program Bupati Langkat Ngogesa Sitepu, SH terkait mewujdukan Langkat yang bersih dan memiliki generasi bangsa yang pintar dan cerdas,” kata Endang.

Endang menjeaslakan, kaitan bersih dengan cerdas adalah lingkungan yang indah dan asri tentu akan membuat para siswa nyaman belajar, karena situasi tersebutlah, kesenangan akan dirasakan para siswa dalam proses pembelajaran yang mengakibatkan prestasi para siswa akan semakin meningkat.

Kadis P & P Langkat Salam Syahputra menyampaikan bahwa kegiatan akan memberikan pemahaman kepada para siswa tentang kepedulian terhdap lingkungan.

“Yang sudah dewasa saja tidak pernah melupakan bagaimana prilaku menjaga lingkungan, apalagi anak-anak yang  menjadi harapan bangsa, Jaga dan rawat pohon yang ditanami pada hari ini, kedepannya, pohon ini lah yang akan membuat suasana belajar menjadi nayaman akibat dari kerimbunannya dan kelestariannya,” kata Salam.

Sementara itu, kepala Sekolah SMPN 3 Hinai dan SD 050671 Kampung Gohor Kecamatan Wampu mengucapkan terima kasih atas kegiatan bernuansaa ligkungan di sekolah mereka.

Diawali dari pernyataan Kepala Sekolah SMPN 3 Hinai Sulastria, selama karirnya sebagai kepala Sekolah SMPN 3 Hinai, dirinya terus berupaya dengan sebaik - baiknya dalam menciptakan lingkungan yang bersih.

“Beberapa program telah dijalankannnya bekerjama sama dengan guru dan para siswa yang menjadi komponen dalam pergerakan kebersihan di sekolah,” kata Sulastria.

Untuk itu, Sulastria mengucapkan terima kasih atas terpilihnya sekolah SMPN 3 Hinai menjadi lokasi yang ditetapkan DWP sebagai sekolah untuk mengampayekan kebersihan di Langkat, “Semoga, ini menjadi motivasi bagi para siswa dalam menjaga kelestarian sekolah guna mencapai prestasi yang bisa membanggakan Kabupaten Langkat,” harap Sulastria.

Selanjutnya, Kepala Sekolah SD 050671 Kampung Gohor Kecamatan Wampu Dra. Latifah menjelaskan bahwa kegiatan yang dilakukan DWP Langkat bermakna ganda bagi para siswa dan guru, pertama, murid akan semakin termotivasi untuk mencintai kebersihan dan guru semakin termotivasi untuk menciptakan kawasan yang nyaman bagi parasiswa untuk belajar.

“Sudah menjadi kebiasaan bagi para siswa di SD 050671 Kampung Gohor menerapakan cinta terhadap kebersihan, dan motivasi dan contoh akan semakin membuat para siswa senang dan akan meniru prilaku tersebut,” katanya.

Latifah akan mengupayakan untuk menjaga pohonpohon yang ditanami dari pengurus DWP Langkat, dengan menyiram dan merawat sebaik mungkin pohonpohon tersebut, “Sekarang memang awal pergerakan, tapi, beberapa tahun lagi mungkin dampak kenyamanan dari pohonp-ohon tersebut akan menghasilkan prestasi bagi dunia pendidikan di Langkat” kata Latifah.

Seperti diketahui, pohon - pohon yang ditanam oleh Ketua DWP Langkat Hj. Endang bersama pengurus adalah pohon mangga, durian, rambutan, jambu dan lain sebagainya.